Prospek Kerja Manajemen Dan Kebijakan Publik

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Manajemen Dan Kebijakan Publik Dan Perkiraan Gajinya

Berkuliah di jurusan manajemen dan kebijakan publik ternyata membuka banyak peluang karier. Kamu punya banyak pilihan profesi yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan ini. Berikut adalah prospek kerja manajemen dan kebijakan publik yang bisa Kamu jadikan referensi:

1. Diplomat

Jenis profesi pertama yang terbuka bagi lulusan manajemen dan kebijakan publik adalah diplomat. Kamu bisa bekerja sebagai diplomat di negara asing untuk mengurusi kegiatan diplomasi di sana. Profesi ini bisa mendatangkan gaji sampai puluhan juta.

2. Konsultan Kebijakan Publik

Berbekal pengetahuan dan pengalaman, Kamu bisa bekerja sebagai konsultan kebijakan publik. Peran seorang konsultan hingga saat ini begitu penting. Pendapat dan hasil pemikiranmu bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain. Lewat profesi ini Kamu bisa dapat gaji mulai Rp5.000.000,00.

Baca Juga:  10 Pilihan Prospek Kerja Administrasi Negara Dan Kemungkinan Gajinya

3. Bekerja Di LSM

Tamat kuliah Kamu bisa memilih bekerja di LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Di sini Kamu bisa menempati posisi tertentu yang sesuai dengan kompetensimu. Pilih LSM yang aktif bekerja di lingkup bidang kebijakan pemerintah. Di sini Kamu bisa dapat gaji mulai dari Rp4.000.000,00.

4. Staf Kementerian

Prospek kerja manajemen dan kebijakan publik berikutnya adalah bekerja sebagai staf kementerian. Kamu dapat menjadi tenaga honorer atau melamar masuk lewat proses seleksi CPNS. Di bidang pekerjaan ini Kamu akan dapat karier yang mapan dan penghasilan mulai dari Rp4.000.000,00.

5. Analis Kebijakan Publik

Setelah lulus sarjana, Kamu pasti akan paham betul seputar kebijakan publik. Kamu bisa bekerja sebagai analis kebijakan publik setelah lulus nanti. Biasanya profesi ini sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah. Kisaran gaji yang mungkin diperoleh adalah Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

Baca Juga:  Ada Keraguan? Ini Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

6. Pegawai Swasta

Jika tak ingin bekerja di instansi pemerintah dan jadi PNS, Kamu juga tetap punya peluang bekerja sebagai pegawai swasta. Biasanya lulusan dari manajemen dan kebijakan publik akan dibutuhkan di bagian manajemen perusahaan. Gaji yang diperoleh bisa mulai dari Rp4.000.000,00.

7. Dosen

Jika punya passion mengajar maka akan sangat cocok jika diarahkan untuk bekerja sebagai dosen. Kamu disarankan ambil pendidikan master langsung setelah tamat sarjana. Sebagai dosen, Kamu bisa dapat penghasilan mulai dari Rp4.000.000,00.

8. Staf Ahli

Lulusan manajemen dan kebijakan publik juga punya peluang besar bekerja sebagai staf ahli. Jenis staf ahli juga beragam mulai dari staf ahli di tingkat daerah hingga kementerian pusat. Kamu bisa menikmati gaji kisaran Rp4.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00 dari pekerjaan ini.

Baca Juga:  10 Pilihan Prospek Kerja Radiologi Yang Bisa Kamu Pilih

9. Peneliti

Tidak hanya dunia sains yang butuh peneliti. Sebelum suatu kebijakan publik diambil perlu dilakukan penelitian sebagai bahan pertimbangan. Dengan bergelut sebagai peneliti Kamu bisa dapat gaji mulai dari Rp4.000.000,00.

10. Penulis

Kamu juga bisa bekerja sebagai penulis buku-buku sosial. Khususnya Kamu bisa membahas mengenai kebijakan publik yang ada di berbagai tempat. Dari profesi ini Kamu bisa dapat banyak uang tergantung dari hasil tulisanmu.

Itulah tadi prospek kerja manajemen dan kebijakan publik. Informasi ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagimu. Pilih jenis profesi yang paling pas dengan minatmu, ya!