Prospek Kerja Tafsir Hadits

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Tafsir Hadits Dan Perkiraan Gajinya

Ada beragam pilihan jurusan kuliah yang mengarah ke ilmu-ilmu Islam. Salah satunya adalah jurusan tafsir hadits. Jurusan ini mungkin tidak begitu populer namun bisa dijadikan pilihan karena peluang kerjanya juga beragam. Berikut adalah prospek kerja tafsir hadits yang penting untuk Kamu ketahui:

1. Mubaligh

Sebagai lulusan ilmu tafsir hadits, tentu Kamu punya banyak pengetahuan agama. Ini bisa jadi bekal mumpuni untuk bekerja sebagai mubaligh. Kamu bisa menjadi pengisi acara di berbagai kesempatan dan mendapat uang sesuai dengan acara yang didatangi.

2. Guru

Pilihan profesi lain yang terbuka bagi lulusan ilmu tafsir hadits adalah guru. Kamu bisa menjadi pengajar di sekolah-sekolah untuk pelajaran agama Islam. Gaji yang bisa Kamu peroleh dari profesi guru biasanya berkisar di angka Rp3.000.000,00.

Baca Juga:  Pingin Masuk Jurusan Ini? Ini Dia Prospek Kerja Teknik Lingkungan

3. Dosen

Hampir sama seperti guru namun di tingkat pendidikan yang berbeda yaitu di universitas. Kamu bisa lanjut kuliah master lalu mendaftar jadi dosen saat ada lowongan terbuka. Profesi ini menawarkan gaji yang lumayan besar mulai dari angka Rp3.000.000,00.

4. Pengajar Al-Quran

Kamu juga bisa menjadi pengajar atau mentor khusus membaca dan mendalami Al-Quran. Jika ingin bekerja di bidang profesi ini Kamu harus bisa menjalin relasi yang baik agar dapat klien. Jumlah penghasilan yang didapat sangat bervariasi jumlahnya tergantung klien.

5. PNS

Kamu punya peluang yang sama besarnya untuk jadi PNS. Lulus dari jurusan tafsir hadits, Kamu bisa mulai memburu peluang seleksi PNS. Profesi ini jadi favorit banyak orang karena memang mapan dan gajinya pun stabil. Kamu bisa dapat gaji mulai dari Rp3.000.000,00 beserta tunjangannya.

Baca Juga:  Bagaimana Prospek Kerja Sastra Inggris? Ini Dia 10 Peluangnya

6. Peneliti

Prospek kerja tafsir hadits berikutnya adalah peneliti. Tidak selalu soal urusan sains, peneliti juga bisa bekerja di bidang agama khususnya tafsir hadits. Kamu bisa meneliti beragam topik yang berhubungan dengan agama dan ilmu hadits. Gajinya bervariasi tergantung proyek yang dikerjakan.

7. Qori

Selain dapat uang, Kamu juga bisa dapat pahala dengan menjadi qori. Qori adalah orang yang membaca Al-Quran dan biasanya diminta tampil di acara-acara khusus. Kamu bisa dapat uang setiap kali mengisi acara. Bisa juga dapat uang dengan mengikuti kompetisi qori.

8. Staf Pondok Pesantren

Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai staf di pondok pesantren. Biasanya dibuka lowongan untuk bergabung bagi orang-orang yang kuliah di bidang ilmu agama. Kamu bisa dapat penawaran gaji mulai dari Rp3.000.000,00 untuk profesi ini.

Baca Juga:  Bagaimana Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi? Ini 10 Infonya

9. Pengusaha

Jika tak ingin bekerja dengan orang lain Kamu bisa jadi pengusaha. Berbekal ilmu tafsir hadits yang Kamu punya, Kamu bisa menjalankan bisnis yang berbasis syariah. Besar gaji yang diterima tentu tak terbatas tergantung kemampuan mengembangkan bisnis.

10. Bekerja di Madrasah

Pilihan profesi berikutnya yang bisa digeluti adalah menjadi staf di madrasah. Kamu bisa menjadi guru atau staf lainnya di madrasah tersebut. Gaji yang diterima bisa berkisar di angka Rp3.000.000,00.

Itulah peluang atau prospek kerja tafsir hadits. Pilih profesi yang paling cocok denganmu. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber inspirasi untukmu, ya!