Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Islam

Image: canva.com

Berikut Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Islam Yang Dipelajari

Manajemen Pendidikan Islam merupakan salah satu pilihan jurusan kuliah di Fakultas Tarbiyah yang mungkin cocok untukmu. Apalagi Kamu memiliki keinginan untuk mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Indonesia lebih maju kemudian hari, maka pastikan ambil peluang ini. Tidak hanya berkarir di dunia pendidikan Islam saja, Kamu juga bisa mengembangkan startup dan bisnis pendidikan yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadits setelah mendapatkan teori dan praktikum mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam.

Berikut beberapa mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam yang bisa menjadi tambahan wawasan untuk Kamu yaitu :

1. Manajemen Fasilitas Pendidikan

Kamu akan lebih paham cara pengelolaan dan pengawasan fasilitas pendidikan di lembaga pendidikan Islam yang baik setelah menguasai matkul Manajemen Fasilitas Pendidikan.

2. Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan

Bagaimana proses perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan kurikulum dan program pendidikan di lembaga pendidikan Islam yang mengacu pada nilai dan syariat agama Islam akan Kamu pelajar dalam matkul tiga SKS ini.

3. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Kamu akan belajar tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses serta infrastruktur dalam lembaga pendidikan Islam sesuai Al-Qur’an dan Hadist.

4. Hukum Dan Bisnis Pendidikan

Dasar-dasar hukum dan bisnis kegiatan pendidikan Islam yang memiliki bobot 3 SKS di semester IV.

5. Pendidikan Anti Korupsi

Kamu akan belajar tentang pemahaman dan kesadaran mahasiswa sebagai penerus bangsa agar punya sikap dan perilaku yang anti korupsi.

Baca Juga:  Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa Dan Tugasnya Di HIMA

6. Manajemen SDM

Sebagai mahasiswa yang diharapkan bisa menjadi pemimpin di lingkungan pendidikan Islam, Kamu akan belajar mata kuliah Manajemen SDM yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, pelaksana, dan pengawasan pada pengembangan SDM di lembaga pendidikan Islam.

7. Manajemen Pendidikan Islam

Merupakan mata kuliah inti yang memiliki tujuan menciptakan pengelolaan lembaga pendidikan Islam lebih efektif dan efisien.

8. Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Kamu akan belajar lebih banyak studi kasus dan peningkatan manajemen mutu atau kiat menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai lembaga pendidikan Islam.

9. Sistem Informasi Manajemen

Kebutuhan informasi manajemen di lembaga pendidikan Islam agar bisa mengambil keputusan atau kebijakan pendidikan yang lebih baik akan Kamu pelajari dalam Sistem Informasi Manajemen di semester akhir.

Baca Juga:  Berikut Ini Ada Contoh Pertanyaan Untuk Calon Ketua Himpunan

10. Perencanaan Pendidikan

Perencanaan Pendidikan merupakan mata kuliah inti yang tidak kalah penting terkait perencanaan sistem pendidikan yang sesuai dengan ketentuan agama Islam untuk mencapai tujuan yang lebih optimal dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Mata kuliah Manajemen Pendidikan Islam yang utama diharapkan bisa mencetak lulusan yang siap membantu lembaga pendidikan Islam berkembang lebih pesat seiring kemajuan zaman. Kamu punya prospek bekerja di lingkungan sekolah sebagai bagian kurikulum dan program pendidikan sekolah, menjadi staf Dinas Pendidikan, konsultan pendidikan, dan lain-lain. Pastikan Kamu mengambil jurusan Manajemen Pendidikan Islam di Fakultas Tarbiyah universitas atau sekolah tinggi Islam pilihan, ya!