Perbedaan Institut Dan Universitas

Image: canva.com

Ragu Memilih? Pahami Dulu Perbedaan Institut Dan Universitas

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA/SMK, Kamu bisa mempertimbangkan untuk lanjut kuliah. Kamu bisa memilih jenis perguruan tinggi yang relevan dengan keinginan atau passion dalam diri, misalnya institut, universitas, politeknik, dan lain-lain. Bila Kamu ragu memilih antara institut atau universitas, maka sebaiknya ketahui perbedaan institut dan universitas lebih dulu.

5 Hal Tentang Institut yang Perlu Kamu Ketahui

Supaya Kamu lebih paham tentang perbedaan institut dan universitas, maka simak beberapa hal tentang institut berikut :

1. Pengertian

Institut merupakan perguruan tinggi yang memiliki sistem pendidikan akademik dan vokasi dengan fokus pada rumpun ilmu tertentu, misalnya seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

2. Status

Institut di Indonesia memiliki status negeri dan swasta yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan. Tentu biaya kuliah di institut negeri mengikuti sistem UKT dari pemerintah, sedangkan biaya institut swasta menyesuaikan kebijakan dari pihak kampus terkait.

3. Sistem pendidikan

Di institut, sistem pendidikan akademik dan vokasi sesuai pilihan dengan gelar diploma, sarjana terapan, sarjana, magister, pascasarjana, dan bisa menyelenggarakan pendidikan profesi bila institut terkait memenuhi syarat.

4. Alasan memilih institut

Institut memiliki sistem pendidikan yang lebih terfokus pada satu jenis keilmuan saja sehingga bisa menyesuaikan minat dan bakat Kamu sejak awal. Misalnya Kamu kuliah di institut seni, maka bisa mempelajari seni lebih detail menyesuaikan jurusan yang Kamu pilih, misalnya Seni Musik, Seni Peran dan sebagainya.

5. Keunggulan institut

Kamu bisa fokus pada satu bidang yang lebih diminati sejak awal, kemudian institut unggul dalam bidang kolaborasi dengan tenaga ahli yang lebih berpengalaman di bidangnya. Misalnya Kamu kuliah di bidang seni atau teknologi, maka akan lebih banyak berkolaborasi dengan orang-orang yang sudah terjun langsung atau expert.

Baca Juga:  Lebih Bagus Universitas Atau Institut? Berikut Ini Penjelasannya

5 Hal Tentang Universitas yang Perlu Kamu Ketahui

Sebenarnya, institut dan universitas bisa dikatakan hampir sama tetapi Kamu harus tahu beberapa hal tentang universitas berikut :

1. Pengertian

Universitas merupakan perguruan tinggi yang memberikan gelar akademis di berbagai bidang bagi lulusannya.

2. Status

Universitas sama seperti institut yang memiliki status negeri dan swasta di berbagai wilayah di Indonesia. Rata-rata di kota atau kabupaten sudah memiliki universitas, tapi belum tentu memiliki institut.

3. Sistem pendidikan

Universitas memiliki sistem pendidikan vokasi dan akademik, tetapi memiliki jurusan atau prodi yang lebih luas dibandingkan institut. Kamu yang ingin berkarir di bidang akademis dengan sistem pendidikan cakupan teori lebih luas, pilih saja universitas.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Universitas Swasta Dan Negeri? Ini Penjelasannya

4. Alasan memilih universitas

Kamu bisa mempertimbangkan masuk universitas sebab menawarkan jurusan kuliah yang lebih luas sehingga bisa disesuaikan dengan minat masing-masing.

5. Keunggulan universitas

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan universitas mulai pilihan jurusan kuliah yang banyak, lingkup pergaulan lebih luas, bisa memilih universitas di kota paling dekat domisili, peluang beasiswa tinggi, dan lain-lain.

Berdasarkan ulasan tentang perbedaan institut dan universitas di atas, Kamu bisa memilih mau lanjut kuliah di mana sekarang.