Materi MPLS SMA

Image: canva.com

Ini Dia Beberapa Contoh Materi MPLS SMA Sebagai ReferensiMA Sebagai Referensi

Berbeda dengan MOS yang identik dengan perpeloncoan beberapa waktu lalu, MPLS merupakan masa pengenalan yang lebih mengedepankan wawasan dan pendidikan untuk siswa siswi baru. Kamu yang menjadi panitia MPLS SMA, maka wajib tahu contoh materi MPLS SMA yang cocok diberikan untuk calon peserta didik baru. Materi MPLS berisi bekal wawasan dan pengetahuan, pelatihan dan pendidikan yang bisa memberi kesan kepada siswa dan siswi baru selama beberapa hari pertama di sekolah terkait.

Buat Kamu yang hendak membuat agenda pemberian materi MPLS SMA selama beberapa hari, maka wajib tahu contoh materi MPLS SMA sebagai berikut :

1. Wawasan Wiyata Mandala

Merupakan materi tentang peninjauan atau pandangan tentang lingkungan sekolah atau tempat belajar. Kamu bisa mengajak para peserta didik untuk mengenal lingkungan sekolah, sarana dan prasarana sekolah, tenaga pengajar dan staf administrasi di sekolah, lingkungan sekitar sekolah, pengenalan visi misi sekolah, dan lain-lain.

2. Pendidikan karakter

Materi MPLS yang lain adalah pemahaman tentang pendidikan karakter di sekolah dan luar sekolah kepada siswa siswi baru. Pendidikan karakter menjadi materi penting agar peserta MPLS bisa memahami tata tertib di sekolah, hormat dan santun di lingkungan sekolah, menjaga nama baik di luar sekolah, dan karakter yang bisa toleransi sesama warga sekolah di lingkungan sekolah atau luar sekolah.

3. Kesadaran Kebangsaan dan Bela Negara

Materi MPLS yang cocok diberikan untuk siswa siswi baru di jenjang SMA adalah pemahaman tentang pentingnya memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara. Kesadaran bela negara bisa diterapkan sejak siswa dan siswi masih duduk di bangku formal agar lebih cinta tanah air, memahami dan menerapkan ideologi Pancasila, rela berkorban serta penanaman karakter menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Contoh Program Kerja Ketua OSIS Sebagai Bahan Pertimbangan

4. Materi kepemimpinan

Salah satu materi penting yang bisa diberikan di MPLS SMA tentang kepemimpinan atau leadership. Mengingat anak SMA memiliki rentang usia 15-18 tahun sehingga memiliki pola pikir yang lebih maju, mandiri dan bisa menjadi cikal bakal penerus bangsa yang memiliki kemampuan organisasi yang baik kelak.

5. Pengenalan Kurikulum Merdeka

Materi yang bisa diberikan pada acara MPLS tentang kurikulum terbaru yang diterapkan tahun ajaran tersebut. Pengenalan kurikulum sangat penting agar siswa dan siswi baru tahu proses belajar yang akan dihadapi selama menjadi siswa di SMA tersebut, termasuk penerapan jurusan IPA atau IPS yang telah ditetapkan sejak awal masuk kelas X.

Baca Juga:  Mau Ikut Ekskul Paskibar? Ini Contoh Kumpulan Visi Misi Paskibra

Dari beberapa ide materi MPLS SMA di atas, tentu setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing. Materi MPLS yang bisa memberikan kesan untuk siswa dan siswi baru bisa menanamkan bekal yang baik sejak awal. Selain materi yang diberikan di dalam ruangan, MPLS juga bisa diisi dengan kegiatan pengenalan permainan edukatif atau olahraga di luar ruangan.