Prospek Kerja RPL

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Jurusan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu jurusan favorit di SMK beberapa tahun terakhir. Seiring kebutuhan dan daya serap tenaga kerja yang terampil di bidang perangkat lunak dewasa ini, maka banyak lulusan SMP yang memilih jurusan RPL di SMK. Prospek kerja RPL yang sangat cerah menjadi alasan utama banyak siswa memilih jurusan sekolah ini, kemudian bisa melanjutkan ke jenjang S1 dengan jurusan yang relevan.

Bila Kamu lulusan RPL baik SMK atau S1, maka punya peluang langsung kerja di berbagai bidang yaitu :

1. Insinyur aplikasi

Menjadi pencipta aplikasi yang digunakan banyak orang di era digital, Kamu bisa mendapatkan lebih banyak pundi-pundi rupiah dari potensi bisnis startup ini.

2. Programmer

Programmer full time di perusahaan bisa mendapatkan gaji awal mulai 3,5-5 juta rupiah, tetapi programmer profesional yang sudah kredibel bisa mendapatkan gaji hingga belasan juta rupiah per bulan.

3. Insinyur perangkat lunak

Sebagai insinyur perangkat lunak yang bertugas merancang sebuah sistem komputer untuk perusahaan atau lembaga tertentu, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai 3,5-6 juta rupiah per bulannya.

4. Konsultan IT

Menjadi konsultan IT di perusahaan atau konsultan IT independen yang menawarkan jasa konsultasi aplikasi atau sistem komputer di banyak perusahaan, kenapa tidak?

5. Pengembang game online

Kamu bisa bekerja sebagai pengembang game online yang untung puluhan hingga ratusan juta rupiah. Mulai langkah Kamu yang bermimpi mengembangkan aplikasi game online seperti DOTA, Mobile Legend, PUBG, dan lain-lain dari jurusan sekolah yang potensial.

Baca Juga:  Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Pasca Lulus

6. Dosen atau pengajar

Menjadi dosen atau pengajar yang mengimplementasikan ilmu akademik di bidang yang relevan dengan jurusan kuliah, kenapa tidak? Gaji dosen yang berstatus ASN jutaan rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan dan gaji ke-13.

7. Database engineer

Prospek kerja RPL bisa menjadi database engineer di perusahaan atau startup kekinian dengan gaji awal mulai 5 juta rupiah.

8. Web developer

Kamu bisa menjadi pencipta dan pengembang website agar tampilan lebih dinamis, cepat dan simpel baik di perusahaan web developer atau menawarkan jasa secara pribadi. Gaji web developer bervariasi mulai 5 juta rupiah tergantung kinerja dan hasil rancangan websitemu.

9. System analyst

Baca Juga:  Bagi Yang Masih Bingung, Ini Dia Alasan Memilih Jurusan RPL

Menjadi seorang system analyst yang bertugas menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem memang tidak mudah. Junior mendapatkan estimasi gaji awal 4-5 juta rupiah per bulan untuk mengisi posisi tim engineering perusahaan ini.

10. Arsitektur jaringan komputer

Tenaga profesional di bidang jaringan komputer sangat dibutuhkan di semua lini perusahaan baik skala kecil hingga atas di era digital ini. Gaji yang ditawarkan computer network untuk pemula mulai 3-8 juta rupiah per bulannya.

Kini Kamu bisa menjadikan prospek kerja RPL sebagai gambaran agar lebih yakin mengambil jurusan SMK atau kuliah Rekayasa Perangkat Lunak kedepannya.