Seksi Bidang OSIS

Image: canva.com

Beberapa Seksi Bidang OSIS Dan Tugasnya Yang Perlu Kamu Tau

OSIS merupakan organisasi yang melatih kepemimpinan siswa sejak dini di bangku SMP dan SMA. Sebagai organisasi internal, OSIS memiliki tugas yang harus dilaksanakan oleh pengurus inti dan anggota setiap seksi bidang. Mengingat prestise menjadi pengurus OSIS, Kamu bisa mempertimbangkan ikut seleksi pengurus OSIS di sekolah. Tidak ada salahnya memiliki pemahaman tentang struktur pengurus inti, seksi bidang OSIS dan tugas-tugasnya.

Selain pengurus inti yang mencakup ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara, Kamu juga harus tahu seksi bidang OSIS yang memiliki ketua sekbid dan anggotanya. Setiap sekbid OSIS memiliki tugas dan kewajiban masing-masing sesuai prosedur yang berlaku. Berikut beberapa contoh sekbid OSIS baik tingkatan SMP dan SMA yang perlu Kamu ketahui yaitu :

Baca Juga:  Jadi Sekretaris OSIS? Berikut Ini Ada 10 Tugas Sekretaris OSIS

1. Seksi Bidang Keimanan dan Ketakwaan Pada Tuhan YME

Sekbid bidang keagamaan ini memiliki tugas membuat jadwal, merencanakan dan melaksanakan peringatan hari-hari besar keagamaan di sekolah, membina toleransi beragama di lingkungan sekolah, melaksanakan kegiatan lomba bernuansa keagamaan, mengembangkan kegiatan keagamaan, dan lain-lain.

2. Seksi Bidang Budi Pekerti dan Akhlak Mulia

Sekbid bidang ini memiliki tugas melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah, melaksanakan dan memantau kegiatan bakti sosial di lingkup sekolah, melaksanakan tata krama dan pergaulan baik di sekolah, mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai antar warga sekolah, dan sebagainya.

3. Seksi Bidang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Tugas utama sekbid bidang wawasan kebangsaan dan bela negara adalah melakukan upacara rutin hari senin dan hari besar nasional, melaksanakan kegiatan kepramukaan, melakukan studi banding ke tempat yang memiliki nilai sejarah, pelaksanaan lomba wawasan kebangsaan dan bela negara pada perayaan hari kemerdekaan, dan masih banyak program bulanan dan tahunan lain.

4. Seksi Bidang Seni dan Olahraga

Tugas pengurus sekbid di bidang seni dan olahraga adalah mengadakan lomba di bidang yang relevan dengan program sekbid, melakukan studi banding ke tempat wisata edukatif, membentuk klub seni dan olahraga di sekolah, menyelenggarakan lomba seni dan olahraga antar sekolah, dan masih banyak tugas di bidang tersebut.

5. Seksi Bidang Kreativitas, Sastra dan Budaya

Baca Juga:  Berikut Ini Contoh Visi Misi Sekretaris OSIS Sebagai Referensi

Tugas ketua dan anggota sekbid Kreativitas, Sastra dan Budaya adalah meningkatkan program yang relevan dengan fokus sekbid di lingkungan sekolah, mengadakan studi banding atau pelatihan di bidang sastra dan budaya, mengelola majalah dinding di sekolah, dan masih banyak tugas-tugas rutin lain.

Contoh seksi bidang OSIS di atas bisa menjadi referensi mengingat setiap sekolah memiliki sekbid OSIS masing-masing. Tujuan dari setiap sekbid adalah melaksanakan kegiatan yang masuk dalam program OSIS berjalan lancar sesuai rencana program dalam periode tersebut. Nah, apakah Kamu tertarik belajar kepemimpinan dan mendapatkan pengalaman baru menjadi pengurus OSIS di sekolah nanti? Pastikan Kamu lolos seleksi pengurus OSIS yang memiliki prestise untuk mengisi masa sekolah lebih bermanfaat.