Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Image: canva.com

Rekomendasi Prospek Kerja Ilmu Kelautan Buat Kamu Lulus Nanti

Ilmu Kelautan berada di rumpun Saintek yang direkomendasikan untuk lulusan SMA IPA yang tertarik pada kelautan. Nantinya Kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Kelautan atau S.Kel setelah lulus dengan prospek kerja yang sangat luas. Prospek kerja Ilmu Kelautan relevan dengan kebutuhan tenaga kerja profesional atau ahli terampil untuk memanfaatkan dan menjaga konservasi lingkungan kelautan di Indonesia.

Masih ragu mau ambil kuliah S1 Ilmu Kelautan di berbagai PTN Indonesia? Kamu bisa menjadikan ulasan prospek kerja Ilmu Kelautan sebagai referensi yaitu :

1. Staf Kementerian Perikanan dan Kelautan

Gaji staf Kementerian Perikanan dan Kelautan sesuai dengan jabatan atau golongan untuk kelas PNS, tetapi Kamu mendapatkan rata-rata gaji berkisar 5 jutaan ke atas. Kamu bisa bekerja menjadi staf analis data dan informasi perikanan, analis kelautan dan lain-lain.

2. Peneliti

Peneliti junior atau asisten peneliti bisa mendapatkan gaji awal sekitar 4-5 juta rupiah, tetapi Kamu bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian dan riset mencapai angka 5-10 juta rupiah seiring waktu.

3. Konsultan

Menjadi konsultan perikanan atau konsultan pemetaan yang bekerja di perusahaan perikanan komersial atau independen, sesuaikan dengan keinginan Kamu sendiri.

4. Teknisi Konservasi Lingkungan

Tidak hanya bisa bekerja mendapatkan gaji di atas 5 juta rupiah per bulan, teknisi konservasi lingkungan juga bisa memberikan sumbangsih kehidupan kelautan yang tetap lestari.

5. Dosen

Cocok untuk Kamu yang ingin berkarir di bidang akademik asal melanjutkan pendidikan minimal S2 bila ingin menjadi dosen pengampu mata kuliah linear.

Baca Juga:  Ini Dia 10 Perbedaan Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi

6. Pebisnis

Mau menjadi pebisnis yang membudidayakan udang tambak, bisnis rumput laut atau perikanan laut lainnya, kenapa tidak? Kamu juga bisa membuka usaha pengolahan atau produksi pangan berbahan dasar hasil tangkapan ikan di laut.

7. Perbankan

Cocok untuk Kamu yang ingin bekerja sebagai staf pembiayaan industri perikanan di perbankan atau lembaga keuangan lain dengan rata-rata gaji 5 juta rupiah per bulan.

8. Instruktur selam

Kamu yang akrab dengan kegiatan menyelam bisa menjadi instruktur selam profesional dengan gaji per bulan lebih dari 5 juta rupiah.

9. Surveyor

Mata kuliah oseanografi dan lain-lain bisa membantu Kamu menjadi surveyor di perusahaan perikanan yang bekerja melakukan pengamatan dan pengambilan data fisis di laut.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Bisnis Bisa Jadi Alasan

10. TNI AL

Kamu bisa bekerja di institusi TNI yang membutuhkan lulusan Ilmu Kelautan dalam melakukan tugas survey oseanografi. Deteksi adanya ranjau, kapal selam, jalur kabel bawah laut, pipa bawah laut, dan lain-lain menjadi tugas Kamu.

Apakah Kamu masih belum yakin mau mengambil peluang atau prospek kerja Ilmu Kelautan Negara Maritim seperti Indonesia ini? Mari kembangkan potensi sumber daya hayati di Indonesia dengan keahlian terampil yang didapat di jurusan Ilmu Kelautan.