Prospek Kerja Teknik Transportasi Laut

Image: canva.com

Berikut 10 Prospek Kerja Teknik Transportasi Laut Yang Menarik

Teknik Transportasi Laut merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa Kamu pilih baik jenjang sarjana atau diploma. Nantinya Kamu akan belajar ilmu desain, inovasi, konstruksi, dan pemeliharaan kapal laut serta peralatan navigasi dalam industri transportasi laut. Mengingat Indonesia merupakan negara kelautan, sudah saatnya Kamu menjadi anak muda yang mengambil peluang atau prospek kerja Teknik Transportasi Laut, ya!

Jangan ragu mengambil peluang kuliah di jurusan Teknik Transportasi Laut sebab Kamu punya prospek kerja Teknik Transportasi Laut yang menarik yaitu :

1. Industri pelayaran

Kamu bisa bekerja di industri pelayaran yang menawarkan gaji kelas junior mulai 5-40 juta rupiah per bulannya.

2. Kepelabuhan

Baca Juga:  10 Pertimbangan Prospek Kerja Agroteknologi Pasca Kuliah Nih

Prospek pekerjaan lulusan Teknik Transportasi Laut sangat banyak di pelabuhan, misalnya Kamu bisa menjadi port security, pegawai distrik navigasi, petugas KP3, dan lain-lain.

3. Teknisi galangan kapal

Menjadi teknisi mekanik menjadi tantangan yang menarik selain gaji jutaan rupiah per minggu. Dengan pengalaman yang bagus, Kamu yang menjadi bagian teknisi galangan kapal bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

4. Perikanan

Bekerja di sektor perikanan memanfaatkan ilmu yang Kamu dapatkan selama kuliah dengan inovasi teknologi kapal penangkap ikan, kenapa tidak?

5. Industri manufaktur

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan manufaktur yang membutuhkan staf ahli untuk melakukan pengiriman memakai transportasi laut. Rata-rata gaji pemula atau fresh graduate yang menduduki posisi tertentu mulai 5 juta rupiah di Indonesia.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah dan Perkiraan Gajinya

6. Staf Kementerian

Bekerja sebagai PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan masih banyak peluang untuk lulusan S1 Teknik Transportasi Laut dengan gaji paling stabil seumur hidupmu.

7. Dosen

Cocok untuk Kamu yang memilih terjun menjadi akademisi yang mengajar di lingkungan kampus dengan mengampu mata kuliah yang linear.

8. Peneliti

Bergabung dengan Kemendikbudristek atau lembaga penelitian tentang transportasi laut di Indonesia, kenapa tidak? Sangat cocok untuk Kamu yang suka eksperimen dan mengembangkan inovasi terbaru di negara maritim ini. Gaji peneliti mulai 5-7 juta rupiah untuk kelas pemula, lho!

9. Perbankan

Tidak bekerja langsung di lapangan, tetapi menjadi staf perbankan yang mengelola dan mengawasi pembiayaan infrastruktur maritim bisa menjadi pilihan karir setelah lulus. Gaji pegawai perbankan bervariasi tergantung posisi, tetapi pemula bisa mendapatkan gaji mulai 5-10 juta rupiah per bulannya.

Baca Juga:  Berikut Referensi 10 Prospek Kerja Teknik Otomotif Pasca Lulus

10. Pengusaha

Kamu juga bisa menjadi pengusaha yang mengembangkan inovasi di bidang perkapalan, transportasi dan logistik laut atau ide bisnis menarik yang relevan.
Dari berbagai prospek kerja Teknik Transportasi Laut di atas, Kamu bisa menjadi salah satu anak muda yang mendapatkan karir cerah setelah lulus kuliah nanti.

Dari sekian prospek kerja Teknik Transportasi Laut, apakah Kamu masih ragu mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru di jurusan ini?