Prospek Kerja Teknologi Informasi

Image: canva.com

Biar Makin Yakin, Berikut Pilihan Prospek Kerja Teknologi Informasi

Menentukan jurusan kuliah merupakan tantangan tersendiri bagi Kamu yang ragu dengan passion atau minat diri sendiri. Selain itu, Kamu memang harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti nilai akademik, finansial dan prospek masa depan. Sebagai bahan pertimbangan, Kamu bisa menjadi ulasan prospek kerja Teknologi Informasi ini sebagai referensi.

Supaya Kamu lebih yakin ambil kesempatan di bidang teknologi informasi yang semakin canggih dan cepat, berikut beberapa prospek kerja Teknologi Informasi dengan perkiraan gaji bulanan yang cukup besar yaitu :

1. Software developer

Kamu bisa memilih karir sebagai software developer yang bekerja di berbagai perusahaan, instansi pemerintah atau mandiri. Kamu akan mengimplementasikan perangkat lunak dalam membangun aplikasi atau website yang disesuaikan dengan kebutuhan klien. Gaji awal untuk kalangan junior bisa di atas 5 juta rupiah tergantung kinerja dan perusahaan yang menaungimu.

2. System analyst

Kamu juga bisa memilih bekerja sebagai system analyst yang bekerja di bidang IT di berbagai perusahaan dengan gaji mulai 5-10 juta rupiah per bulan.

3. Network engineer

Pekerjaan network engineer mengatur, mengelola, pemeliharaan, peningkatan sistem, jaringan lokal, dan jaringan area luas perusahaan atau organisasi. Biasanya network engineer akan dibayar dengan nominal yang cukup tinggi sesuai tugas dan tanggungjawab mereka.

4. Konsultan IT

Menjadi konsultan IT independen yang bisa bekerja fleksibel, terserah Kamu saja. Pastinya konsultan IT memiliki tugas merancang, mengelola proyek, pengembangan kode, dan mendukung penjualan dibayar dengan angka yang memuaskan tergantung kinerjamu.

5. Insinyur aplikasi

Baca Juga:  Biar Tambah Yakin, Ini Dia Beberapa Prospek Kerja Teknik Kimia

Kamu bisa menjadi insinyur aplikasi yang bekerja secara fleksibel dengan memanfaatkan keterampilan yang ada, kemudian menjual jasa aplikasi pada pihak yang membutuhkan.

6. PNS

Kamu bisa bekerja di bawah Kominfo dengan gaji yang cukup tinggi bisa berjuta-juta tergantung posisi Kamu, apalagi berstatus PNS dengan jabatan yang cukup penting.

7. Dosen

Pilihan untuk Kamu yang ingin bekerja sebagai dosen dengan mengajar mata kuliah relevan sesuai latar belakang pendidikan. Pastikan Kamu melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S2 agar bisa menjaga tenaga pengajar di universitas terkait.

8. Kepolisian

Kamu bisa menjadi staf ahli digital forensik yang membantu Kepolisian dalam memecahkan segala kasus kejahatan.

Baca Juga:  Pingin Jadi Guru? Berikut Prospek Kerja PGSD Saat Sudah Lulus

9. IT support analyst

Tugas Kamu adalah menyediakan pengaturan teknis, dukungan dan saran pada pengguna teknologi agar pemakaian teknologi di rumah atau kantor berjalan lebih lancar.

10. Wirausaha

Menjadi pebisnis yang mengembangkan aplikasi, menyediakan jasa software developer atau programmer, merekrut tenaga kerja lulusan fresh graduate untuk pengembangan usaha, dan lain-lain, kenapa tidak? Kamu bisa menentukan fee sesuai dengan kinerja dan hasil proyek yang memuaskan klien.

Melihat prospek kerja Teknolog Informasi yang cemerlang, Kamu harus mencoba peluang dengan belajar mata kuliah TI. Gaji besar akan mengikutimu yang punya keterampilan mendukung sehingga dibutuhkan lebih banyak instansi, pemerintah atau bekerja secara independen.