Prospek Kerja Teknik Sipil

Image: canva.com

Pingin Kuliah? Pahami Beberapa Prospek Kerja Teknik Sipil Berikut

Pertimbangan menentukan jurusan kuliah dipengaruhi oleh minat, prospek dan kemampuan finansial. Bila Kamu tertarik belajar perencanaan dan pengembangan bangunan, ambil jurusan kuliah Teknik Sipil yang potensial. Kamu yang masih ragu hendak mengambil jurusan kuliah ini, maka pertimbangkan prospek kerja Teknik Sipil di tingkatan S1 nanti.

Kamu bisa mengambil peluang atau prospek kerja Teknik Sipil di jenjang S1 dengan perkiraan gaji bulanan menarik sebagai berikut :

1. Surveyor tanah dan bangunan

Lulusan S1 Teknik Sipil bisa bekerja sebagai surveyor tanah dan bangunan yang akan dijadikan konstruksi dengan bayaran minimal 5 juta rupiah per bulan.

2. Konsultan

Mau menjadi konsultan konstruksi bangunan independen atau bergabung dengan perusahaan konstruksi, kenapa tidak? Gaji konsultan paling minimal 5 juta hingga belasan juta rupiah per bulannya.

Baca Juga:  Pelajari Prospek Kerja Rekam Medis Berikut Jika Tertarik Ambil Kuliahnya

3. Dosen

Bila memang ingin terjun ke bidang akademik, Kamu bisa menjadi dosen mata kuliah yang linear dengan Teknik Sipil. Bayaran dosen atau tenaga pengajar bisa mencapai jutaan rupiah, apalagi Kamu sudah berstatus PNS ya!

4. Insinyur pembangunan

Kamu bisa menjadi insinyur proyek pembangunan mulai perencanaan teknis, pengorganisasian dan pengawasan sampai proyek berhasil terwujud.

5. Insinyur lingkungan

Memang rata-rata gaji untuk insinyur lingkungan pemula berkisar 5 juta rupiah per bulan, tetapi Kamu bisa melakukan pekerjaan menggembangkan ilmu teknik, biologi dan kimia dalam mengembangkan permasalahan lingkungan.

6. Urban designer

Pekerjaan yang diminati lulusan Teknik Sipil yang biasanya bekerja dengan profesi lain seperti arsitek, pengembang atau insinyur lingkungan.

Baca Juga:  Pingin Masuk Jurusan Ini? Ini Dia Prospek Kerja Teknik Lingkungan

7. Manajer konstruksi

Menjadi manajer konstruksi yang mengawasi dan mengarahkan para pekerja agar proyek konstruksi bisa berjalan lancar sesuai dengan permintaan klien dan rencana arsitek.

8. Kontraktor

Kamu bisa memilih karir sebagai wirausaha dengan membuka jasa kontraktor dan menangani proyek baik independen atau bekerja sama dengan pihak lain. Gaji kontraktor sangat besar bahkan Kamu bisa mendapatkan fee sesuai hasil kinerja yang memuaskan di mata klien.

9. Site manager

Menjadi orang yang melakukan perencanaan teknis dan pengendalian operasional proyek bisa menjadi pilihan karir Kamu, termasuk menjadi penghubung antara kontraktor dengan klien yang hendak membangun konstruksi.

10. Perencana dan pengembang properti

Kemampuan yang Kamu dapatkan di bangku kuliah bisa menjadi modal menjadi perencana dan pengembang properti, khususnya pengembangan properti real estate di era modern ini. Gaji awal untuk Kamu yang bekerja di bidang bisnis properti bervariasi mulai 4-5 juta rupiah per bulan.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Perbedaan Akuntansi Syariah Dan Konvensional

Segera ambil kesempatan bekerja menjadi perencana atau konsultan pembangunan setelah lulus S1 Teknik Sipil. Kamu juga bisa memilih karir di bidang swasta atau bergabung dengan pemerintah sebagai pengatur atau perencana tata wilayah kota atau daerah, ya! Prospek kerja Teknik Sipil yang sangat luas akan membantu Kamu langsung menemukan pekerjaan impian setelah lulus nanti.