Prospek Kerja Teknik Perminyakan

Image: canva.com

Berikut Ini Pilihan Prospek Kerja Teknik Perminyakan Setelah Lulus

Kamu tertarik untuk kuliah di jurusan Teknik Perminyakan? Jika iya, maka Kamu perlu tahu apa saja prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan ini. Sebagai salah satu jurusan yang populer, prospek kerja Teknik Perminyakan memang begitu luas. Langsung saja, catat pilihan prospek kerja yang bisa digeluti para lulusan Teknik Perminyakan berikut ini.

1. Ahli Teknik Energi

Pilihan pertama, Kamu bisa bekerja sebagai ahli teknik energi. Profesi ini sangat dibutuhkan dari waktu ke waktu. Tugasnya adalah merancang, mengevaluasi, serta meningkatkan efisiensi program atau proyek yang berhubungan dengan energi.

2. Safety Engineer

Kamu bisa bekerja sebagai safety engineer khususnya di bidang industri pertambangan minyak dan gas. Profesi ini sangat penting dan pasti dibutuhkan. Selain itu peluang gajinya juga besar karena tanggung jawab yang diberikan juga tidak ringan.

Baca Juga:  Perhatikan Ya, Ini Dia 10 Syarat Masuk Jurusan Manajemen Bisnis

3. Insinyur Perminyakan

Tidak menutup kemungkinan Kamu menjadi insinyur perminyakan setelah lulus dari jurusan ini. Tugas dari insinyur perminyakan begitu beragam dan pasti akan selalu dibutuhkan di industri terkait.

4. Ahli tambang

Lulusan jurusan Teknik Perminyakan sudah pasti punya bekal ilmu mengenai tambang. Kamu bisa bekerja sebagai ahli tambang untuk perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas. Tentunya profesi ini akan sangat dibutuhkan dan bisa menawarkan gaji yang besar.

5. Ahli Geologi

Sebagai lulusan Teknik Perminyakan, Kamu pasti punya bekal ilmu memadai tentang geologi. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk menggeluti profesi sebagai ahli geologi. Tugasnya sangat beragam mulai dari identifikasi dukungan sistem tanah hingga menyusun proses ekstraksi yang ramah lingkungan.

Baca Juga:  Ini Dia 10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Pangan Dan Gaji

6. Geological Data Technician

Prospek kerja Teknik Perminyakan berikutnya adalah geological data technician. Profesi ini berhubungan dengan pengoperasian peralatan untuk memperoleh data geologi. Biasanya dibutuhkan oleh perusahaan minyak dan gas.

7. Ahli Teknik Minyak Bumi

Pilihan berikutnya adalah bekerja sebagai ahli teknik minyak bumi. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa profesi ini sangat relevan dengan ilmu yang dipelajari di jurusan tersebut. Tugasnya adalah merancang metode demi meningkatkan ekstraksi minyak dan gas.

8. Analis Kontrol dan Kualitas

Lulusan Teknik Perminyakan juga bisa bekerja sebagai analis kontrol dan kualitas. Tugas utamanya adalah melakukan pengujian kualitas bahan baku hingga produk jadi. Posisi ini dibutuhkan di perusahaan minyak dan gas yang relevan dengan latar belakang ilmunya.

Baca Juga:  Pingin SMK? Ini Dia Beberapa Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

9. Akademisi

Jika mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang master, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melamar sebagai akademisi. Kamu bisa bekerja sebagai dosen, terutama jika Kamu punya passion mengajar.

10. Ahli Teknik Energi

Berikutnya ada profesi ahli teknik energi yang juga cocok untuk lulusan Teknik Perminyakan. Tugas utamanya yaitu mengembangkan proyek terkait energi. Pasti sangat dibutuhkan dan peluang gajinya juga besar.

Coba perhatikan setiap prospek kerja Teknik Perminyakan yang sudah disebutkan tadi. Pilih mana yang paling sesuai passion-mu dan pastikan Kamu cocok dengan pekerjaan tersebut.