Prospek Kerja Teknik Geologi

Image: canva.com

Simak Prospek Kerja Teknik Geologi Dan Perkiraan Gaji Bulanan

Bila sejak lama Kamu memang tertarik mempelajari ilmu bumi, maka kuliah jurusan Teknik Geologi bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, Kamu akan belajar tentang bumi, komposisi, struktur, sifat, sejarah, dan proses pembentukan yang akan berkaitan dengan sumber daya alam dan konstruksi bangunan yang lebih luas. Toh, prospek kerja Teknik Geologi yang banyak bisa menjadi alasan Kamu memilih jurusan kuliah potensial di Indonesia.

Kamu masih belum yakin mengambil Teknik Geologi di pilihan pertama penerimaan mahasiswa baru nanti? Simak prospek kerja Teknik Geologi dengan perkiraan gaji bulanan yang memuaskan berikut :

1. Teknisi Tambang, Minyak dan Material

Menjadi seorang teknik tambang, minyak dan material tidak mudah sebab Kamu harus punya keahlian di bidang pengembangan teknologi pengolahan yang mutakhir. Tidak heran kalau bayaran teknik tambang, minyak dan material paling rendah berkisar 5-10 juta rupiah per bulannya.

2. Industri Perminyakan dan Gas Bumi

Kamu bisa bekerja sebagai ahli observasi dan analisa teknik geologi di industri perminyakan dan gas bumi milik pemerintah atau swasta dengan bayaran yang besar sesuai keahlian.

3. Industri Pertambangan

Bekerja sebagai ahli geologi di industri pertambangan menawarkan bayaran hingga 10 juta rupiah ke atas setiap bulannya, lho!

4. Konsultasn Teknik Geologi

Kamu bisa bekerja sebagai konsultan yang mencakup geologi teknik, sumber daya air, lingkungan, dan lain-lain dengan bayaran sesuai kesepakatan dengan klien.

5. Peneliti geologi

Menjadi seorang peneliti geologi di lembaga riset milik pemerintah atau swasta cocok untuk Kamu yang ingin mengembangkan dan menemukan inovasi terbaru di bidang geologi.

Baca Juga:  Simak Berikut Ini Prospek Kerja Teknik Nuklir Setelah Lulus Kuliah

6. Dosen

Menjadi dosen dengan mata kuliah yang diajarkan linear cocok untuk lulusan S1 Teknik Geologi yang melanjutkan pendidikan S2 dengan bayaran jutaan rupiah per bulan, apalagi Kamu telah menyandang status dosen PNS.

7. PNS

Bisa bergabung menjadi staf Kementerian ESDM yang akan mendapatkan gaji pokok, tunjangan dan insentif yang cukup memuaskan sepanjang hidupmu.

8. Kontraktor

Kamu bisa bekerja di perusahaan kontraktor yang membutuhkan keahlian penelitian dan perencanaan konstruksi bangunan hingga bencana di daerah tertentu.

9. Wirausaha

Tidak hanya bekerja di jasa konstruksi saja, Kamu bisa memilih peluang menjadi wirausaha dengan menjadi kontraktor mandiri, konsultan atau surveyor tanah.

10. Pengembang teknik geologi

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Dan Perkiraan Gajinya

Mencoba peluang dengan mengembangkan metode untuk keperluan industri terbaru, pengembangan material logam atau keramik, teknologi pengolahan yang inovatif, dan peluang pengembangan lain, kenapa tidak?

Dari berbagai referensi prospek kerja Teknik Geologi di atas bisa menjadi pilihan Kamu yang ingin mengambil S1 Teknik Geologi di PTN ternama. Bekerja sebagai staf pemerintahan atau industri swasta yang membutuhkan keahlian lulusan Teknik Geologi akan memberikan kehidupan yang lebih layak untukmu kelak.