Prospek Kerja Teknik Geodesi

Image: canva.com

Pilihan Prospek Kerja Teknik Geodesi di Berbagai Sektor Industri

Bila Kamu memiliki karakter yang suka melakukan observasi dan analisa, maka pertimbangkan masuk jurusan Teknik Geodesi. Kamu akan belajar mengenai ilmu kebumian, termasuk sering melakukan survei dan pemetaan. Selain itu, alasan memilih Teknik Geodesi sebab Kamu punya peluang pekerjaan yang menarik. Prospek kerja Teknik Geodesi yang terbuka lebar untuk lulusan yang ingin berkarir di lembaga pemerintah atau swasta bisa menjadi referensi tersendiri.

Dibandingkan jurusan lain di rumpun Saintek, mungkin Teknik Geodesi kalah peminatnya. Namun, Kamu tetap harus bersaing dengan ratusan peminat lain yang memperebutkan kursi yang terbatas. Berikut prospek kerja Teknik Geodesi yang harus Kamu dapatkan yaitu :

1. Geodet

Kamu bisa menjadi geodet yang bekerja secara independen dengan keahlian yang dibutuhkan lembaga swasta atau instansi pemerintahan.

2. PNS

Bila ingin bergabung dengan BPN, Departemen Pertambangan dan Energi, Bappeda, dan lain-lain, lulusan S1 Teknik Geodesi punya peluang lolos seleksi CPNS sesuai kebutuhan teknisi atau peneliti sesuai lowongan. Tenang saja, gaji PNS yang masuk golongan III ke atas bisa jutaan rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan dan insentif lain.

3. BUMN

Menjadi staf surveyor geodesi di lembaga BUMN seperti KAI atau lain-lain, Kamu akan mendapatkan gaji yang cukup memuaskan.

4. Peneliti

Bergabung menjadi peneliti di lembaga riset seperti LIPI atau BPPT, kenapa tidak? Kamu bisa mendapatkan gaji awal peneliti junior mulai 4-7 juta rupiah per bulannya.

Baca Juga:  10 Pilihan Pekerjaan Jurusan Teknologi Pangan Yang Menjanjikan

5. Surveyor tanah

Dalam dunia konstruksi, surveyor tanah sangat dibutuhkan untuk melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum pembangunan dimulai. Tidak heran gaji surveyor tanah paling minim mulai 5-8 juta rupiah per bulannya.

6. Teknisi

Bergabung dengan perusahaan swasta atau pemerintah sebagai teknisi tambang, minyak dan material menawarkan gaji belasan juta rupiah per bulannya.

7. Kontraktor

Kamu bisa memulai karir sebagai kontraktor dan sukses dengan bisnis kontraktor ini, kenapa tidak?

8. Kartografer

Menjadi ahli pemetaan atau kartografer bisa menjadi pilihan pekerjaan untuk Kamu setelah lulus S1 nanti. Kamu bisa bekerja di perusahaan jasa transportasi online, kantor perencanaan dan tata wilayah, atau perusahaan swasta yang menangani pembangunan wilayah dengan gaji mulai 5-6 juta rupiah per bulan.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah Dan Perkiraan Gajinya

9. Staf TNI

Lulusan Teknik Geodesi juga bisa berkarir sebagai prajurit TNI yang ahli di bidang penyediaan informasi kontur tanah, pendeteksian garis pantai dan lain-lain sesuai kebutuhan institusi.

10. Dosen

Bila ingin berkarir menjadi dosen yang mengajarkan mata kuliah relevan, maka pastikan Kamu melanjutkan pendidikan di jurusan linear atau bisa pula berkarir sebagai dosen praktisi.

Yakin tidak ingin mencoba peluang sukses dengan pertimbangan prospek kerja Teknik Geodesi yang luas? Mulai rancang karir Kamu dengan lulus kursi Teknik Geodesi yang terbatas hanya ada di empat kampus ternama di Indonesia, ya!