Prospek Kerja Teknik Industri

Image: canva.com

Masih Ada Keraguan? Berikut Pilihan Prospek Kerja Teknik Industri

Kuliah di Fakultas Teknik bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Salah satu jurusan yang punya peluang bagus tidak kalah dengan jurusan teknik lain adalah Teknik Industri. Prospek kerja Teknik Industri yang sangat luas bisa menjadi referensi Kamu sebelum pendaftaran mahasiswa baru diumumkan.

Peluang karir merupakan salah satu alasan utama seseorang mengambil kesempatan kuliah, termasuk Kamu. Bila masih ragu mau ambil Teknik Industri, sebaiknya simak prospek kerja Teknik Industri berikut :

1. Project manager

Kamu bisa bekerja sebagai project manager yang bertugas membuat, merancang pembiayaan dan mengatur sumber daya dalam menangani sebuah proyek. Gaji project manager di perusahaan bonafit sangat besar bisa mencapai 10 juta rupiah per bulan.

2. Quality engineer

Kamu bisa bekerja di perusahaan industri sebagai quality engineer yang bertugas kualitas produk produksi dengan gaji mulai 5-7 juta rupiah per bulan.

3. Market researcher

Lulusan Teknik Industri juga bisa bekerja sebagai market researcher yang bertugas mengumpulkan dan menganalisa data di pasaran sebagai acuan target pemasaran.

4. Operations consultant

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan sebagai operations consultant yang mendesain ulang sumber bahan, meningkatkan efisiensi value chain dan memaksimalkan pemanfaatan IT.

5. Production engineer

Berkarir di perusahaan swasta atau BUMN sebagai production engineer yang bertugas untuk merancang dan mengembangkan strategi dalam peningkatan efisiensi produksi, kenapa tidak? Gaji di atas 5-10 juta rupiah menunggu Kamu yang berkarir sebagai kepala bagian produksi ini.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Dan Perkiraan Gajinya

6. Demand planner

Kamu bisa menjadi demand planner yang bertugas memprediksi permintaan produk pada masa mendatang dengan memakai data yang ada. Ilmu dasar yang mumpuni membuat apa yang Kamu prediksi dengan data analitik, data pemasaran dan data penjualan periode sebelumnya sesuai target.

7. Product analyst

Kamu juga bisa bekerja sebagai product analyst yang mengembangkan strategi pemasaran produk dan perbandingan tren industri dari masa ke masa. Penghasilan minimal 5-7 juta menunggu Kamu, apalagi level profesional bisa digaji belasan juta rupiah per bulannya.

8. Industrial engineer

Kamu bisa memilih karir sebagai industrial engineer yang merancang proses produksi dan memastikan kualitas produk produksi sesuai dengan standar perusahaan. Gaji yang ditawarkan paling rendah sesuai UMR hingga level tertinggi mencapai belasan juta rupiah.

Baca Juga:  10 Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Yang Akan Kamu Pelajari

9. Dosen

Menjadi dosen jurusan Teknik Industri dengan bayaran minimal 5 juta rupiah per bulan, siapa yang menolak peluang karir akademik ini?

10. Wirausaha

Modal ilmu yang Kamu pelajari di Teknik Industri bisa menjadi awal membuka usaha mandiri, lho! Kamu paham cara merancang produk dalam proses produksi, pengelolaan hingga desain manajemen perusahaan yang baik.

Pertimbangan prospek kerja Teknik Industri di atas bisa menjadi referensi Kamu yang ingin kuliah dengan jaminan kerja yang lebih luas, ya!