Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Perkiraan Gajinya

Bidang ilmu dalam fakultas ekonomi jenisnya bukan hanya satu. Kamu bisa memilih akuntansi, bisnis, perbankan, atau bidang ilmu ekonomi. Bagi Kamu yang masih bingung, bisa mengambil mengecek dahulu prospek kerja ilmu ekonomi sehingga yakin dalam memilih jurusan ilmu ekonomi sebagai pilihan jurusan kuliah.

1. Analis Riset Pasar

Analis Riset Pasar bisa menjadi salah satu pekerjaan yang Kamu impikan setelah lulus dari pendidikan ilmu ekonomi. Gaji pokok yang diterima dari pekerjaan ini berkisar dari 4 sampai 6 juta per bulannya.

2. Manajer Kompensasi Dan Tunjangan

Profesi sebagai manajer kompensasi dan tunjangan juga bisa menjadi incaran posisi karir untuk Kamu yang berasal dari bidang ilmu ekonomi. Penghasilan yang ditawarkan profesi ini dimulai dari kisaran 10 juta tergantung pengalaman kerja.

Baca Juga:  Ini Dia Perbedaan Administrasi Negara Dan Administrasi Publik

3. Konsultan Ekonomi

Bagi Kamu yang tertarik untuk bekerja dibidang jasa membuat keputusan dan solusi ekonomi mungkin bekerja menjadi seorang konsultan ekonomi adalah jawabannya. Pendapatan dari profesi ini dimulai dari angka 5 juta per bulannya.

4. Aktuaris

Setelah Kamu menyelesaikan pendidikan di bidang ilmu ekonomi maka Kamu berkesempatan untuk melamar berbagai pekerjaan salah satunya ialah aktuaris. Seorang aktuaris sendiri berpenghasilan 4 sampai 7 juta per bulannya.

5. Konsultan Manajemen

Prospek kerja ilmu ekonomi yang tak kalah menarik yaitu menjadi seorang konsultan manajemen pada perusahaan. Pendapatan yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini dimulai dari 5 juta per bulan.

6. Analis Kredit

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Agar Yakin

Memulai karir sebagai staf analis kredit pada perbankan juga bisa jadi pilihan bagi Kamu yang berasal dari bidang ilmu ekonomi. Gaji yang ditawarkan profesi ialah 7-8 juta per bulannya.

7. Analis Keuangan

Dengan menyelesaikan pendidikan di bidang ilmu ekonomi juga membuat Kamu berpeluang untuk meniti karir sebagai seorang analis keuangan. Gaji yang diterima dari pekerjaan ini berkisar dari 2,5 sampai 10 juta per bulan.

8. Peneliti Ilmu Ekonomi

Untuk Kamu yang tertarik untuk menjadi peneliti dan berlatar belakang pendidikan ilmu ekonomi, menjadi peneliti ilmu ekonomi mungkin terdengar menarik bagi Kamu. Gaji seorang peneliti biasanya dimulai dari kisaran angka 2 juta rupiah.

Baca Juga:  Gak Usah Ragu, Berikut Prospek Kerja Agribisnis Pasca Lulus

9. Bekerja Di Lembaga Perbankan

Jika Kamu berlatar belakang pendidikan ilmu ekonomi maka bekerja di bidang lembaga perbankan juga bisa menjadi pilihan karir yang menjanjikan. Pendapatan profesi di bidang ini dimulai dari kisaran 2,5 juta per bulan.

10. Broker Saham

Berbekal ilmu ekonomi dan bisnis yang didapat saat masa kuliah mungkin menjadi seorang broker saham bisa jadi pekerjaan yang pas untuk Kamu. Pekerjaan ini memiliki penghasilan mulai dari 3 juta rupiah.

Jadi, jurusan ilmu ekonomi punya banyak sekali potensi pekerjaan di masa depan. Dengan melihat prospek kerja ilmu ekonomi ini semoga Kamu semakin yakin memilih jurusan satu ini dan memantapkan diri menjalaninya. Semoga informasi bermanfaat buat Kamu ya.