Prospek Kerja Akuntansi

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Akuntansi Dan Perkiraan Gajinya

Sebagai salah satu jurusan ramai peminat, prospek kerja akuntansi memang sangat tinggi di Indonesia. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang, perusahaan, lembaga pemerintah, bahkan mendirikan usaha sendiri. Coba cek beberapa prospek kerja berikut:

1. Menjadi Akuntan Perusahaan

Salah satu profesi yang dapat dilakukan oleh seorang lulusan jurusan akuntansi adalah menjadi akuntan di sebuah perusahaan, baik dengan level nasional atau multinasional. Jika mendapatkan pekerjaan ini, maka gaji yang diperoleh mulai dari Rp 4 juta per bulannya.

2. Staf Keuangan Perusahaan

Selain akuntan, Kamu juga bisa menjadi staf keuangan perusahaan. Tentunya, pendapatan seorang staf tidak akan sebesar akuntan. Namun, setidaknya Kamu akan mendapatkan penghasilan Rp 3 juta setiap bulannya.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan Dan Perkiraan Gajinya

3. Staf Keuangan Lembaga Pemerintah

Tidak hanya perusahaan, lembaga pemerintah juga membutuhkan staf keuangan. Namun, Kamu harus menjalani seleksi CPNS terlebih dahulu. Untuk gaji seorang PNS dimulai dari Rp 3 juta dan akan terus meningkat sesuai golongannya.

4. Staf Keuangan BUMN

Pilihan lain adalah menjadi staf keuangan di BUMN. Walaupun tidak semapan pekerjaan sebagai PNS, tapi BUMN juga memberikan gaji cukup besar dan jenjang karier kepada karyawannya. Pendapatan seorang staf keuangan BUMN adalah di kisaran 3 jutaan.

5. Akuntan Publik

Prospek kerja akuntansi lainnya adalah menjadi akuntan publik. Seorang akuntan publik adalah akuntan yang memberikan jasa akuntan publik di Indonesia. Untuk masalah penghasilan akan tergantung dari kasus yang ditangani dan bayaran dari klien.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Perkiraan Gajinya

6. Akuntan Pendidik

Menjadi tenaga pengajar juga bisa Kamu lakukan. Di sekolah-sekolah menengah atas maupun kejuruan atau menjadi dosen dapat dilakukan setelah memiliki ijazah S1 disertai dengan izin mengajar. Kamu akan menghasilkan pendapatan dimulai dari Rp 3 juta per bulan.

7. Membuka Bisnis Sendiri

Selain bekerja di perusahaan, BUMN, atau menjadi PNS, Kamu juga bisa menjadi orang yang menyediakan pekerjaan bagi orang lain. Dengan membuka bisnis sendiri, bukan hanya menjadi bos bagi diri sendiri, tapi juga mampu memberi orang lain pekerjaan. Penghasilanmu bisa mencapai puluhan juta per bulannya.

8. Internal Auditor

Saat ini internal auditor juga sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan dan ini menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk Kamu. Gaji seorang auditor dimulai dari Rp 3,5 juta setiap bulannya.

Baca Juga:  Sebelum Pilih Ini, Cari Tau Dulu Prospek Kerja Teknik Metalurgi

9. Perencana Keuangan

Kamu juga bisa menjadi seorang perencana keuangan yang bekerja secara mandiri atau mendirikan firma bersama dengan beberapa rekan. Penghasilan yang bisa didapatkan sesuai dengan kasus yang ditangani.

10. Penganalisa Keuangan Perusahaan Atau Pribadi

Selain menjadi perencana keuangan, ada pula kesempatan menjadi penganalisa keuangan pribadi maupun perusahaan. Kamu dapat bekerja dengan tim untuk melakukan analisa dan memberikan masukan kepada pribadi maupun perusahaan dalam penggunaan uang klien.

Kamu dapat memilih sendiri mana jenis pekerjaan yang disukai dan mencoba mendapatkannya. Apabila gagal, Kamu masih dapat mencoba beberapa prospek kerja akuntansi lainnya. Selama Berusaha.