Syarat Masuk Teknik Informatika

Image: canva.com

Jangan Salah Langkah, Ini 10 Syarat Masuk Teknik Informatika

Kuliah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan karir dan kehidupan lebih baik kemudian hari. Meski tidak ada jaminan pasti, tetapi orang yang memiliki keahlian sesuai bidang ilmu yang diminati punya peluang karir lebih baik. Bila Kamu ingin memiliki karir terbaik di era digital, sebaiknya masuk jurusan Teknik Informatika. Penuhi semua syarat masuk Teknik Informatika agar Kamu bisa mengikuti proses belajar sampai lulus S1 dengan baik.

Agar Kamu bisa masuk jurusan Teknik Informatika yang potensial dengan tingkat persaingan lumayan tinggi di era digital ini, maka pastikan Kamu sudah memenuhi semua syarat masuk Teknik Informatika yaitu:

1. Memiliki tujuan yang pasti

Kamu harus punya tujuan masuk TI, misalnya Kamu memiliki cita-cita menjadi teknisi software atau profesi lain. Pastikan keputusan Kamu bukan sekadar ikut-ikutan keinginan teman saja.

2. Lulusan SMA IPA atau SMK TI

Lulusan SMA IPA atau SMK TI yang sudah terbiasa dengan matematika dan statistika akan lebih mudah belajar mata kuliah Teknik Informatika yang lumayan sulit dibandingkan anak jurusan lain.

3. Punya ketertarikan di bidang teknologi

Hal ini dikarenakan apa yang Kamu pelajari merupakan hal yang agak sulit sehingga harus punya minat di bidang tersebut. Teknik Informatika mempelajari pengolahan data memakai teknologi komputer yang acap membuat sebagian mahasiswa frustasi di tengah semester.

4. Punya kemampuan Matematika yang bagus

Wajib punya kemampuan Matematika yang bagus agar bisa melakukan coding dan bahasa pemrograman secara maksimal.

Baca Juga:  Mau Kuliah Hukum? Berikut 10 Syarat Masuk Fakultas Hukum

5. Punya kemampuan Bahasa Inggris mumpuni

Bahasa Inggris menjadi syarat yang harus Kamu kuasai bila ingin lebih mudah menggunakan informasi terbaru di bidang teknologi yang memakai bahasa internasional tersebut.

6. Siap belajar coding

Kamu harus siap belajar coding yang menjadi makanan harian para mahasiswa TI.

7. Pilih kampus yang memiliki fasilitas lengkap

Kampus yang memiliki fasilitas lengkap menjadi kunci agar Kamu bisa belajar semua mata kuliah dan praktik Teknik Informatika dengan baik. Ada banyak pilihan kampus negeri dan swasta terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan TI dengan akreditasi A.

8. Mampu berpikir kritis dan logis

Syarat anak TI harus mampu berpikir kritis dan logis dalam menyelesaikan semua permasalahan saat belajar mata kuliah Teknik Informatika nanti.

Baca Juga:  Senang Olahraga? Berikut Pilihan Prospek Kerja Jurusan Olahraga!

9. Pantang menyerah

Mengingat mata kuliah Teknik Informatika lumayan sulit sehingga Kamu harus punya sikap pantang menyerah saat melaksanakan tugas dan ujian.

10. Berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu

Syarat masuk jurusan yang cukup sulit ini harus memiliki sikap yang disiplin dalam menyelesaikan tugas dari dosen tepat waktu.

Beberapa syarat masuk Teknik Informatika di atas harus Kamu penuhi bila ingin menyelesaikan kuliah S1 dalam rentang waktu empat tahun atau delapan semester, ya!