Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa

Image: canva.com

Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa Dan Tugasnya Di HIMA

Bergabung menjadi anggota organisasi di kampus bisa menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa. Apalagi Kamu yang ingin mengembangkan kemampuan diri lebih optimal, tidak ada salahnya bergabung dengan organisasi sejak awal. Tidak hanya bisa mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan, Kamu bisa memiliki lebih banyak teman dan relasi baru. Bila bergabung dengan HIMA prodi, maka ketahui struktur organisasi Himpunan Mahasiswa dan tugasnya lebih dulu.

Bila Kamu sudah pernah menjadi pengurus organisasi di sekolah menengah sebelumnya, maka tidak akan asing dengan struktur organisasi. Namun, Kamu yang masih belum paham tentang Himpunan Mahasiswa atau HIMA, maka simak struktur organisasi Himpunan Mahasiswa dan tugas masing-masing berikut :

1. Ketua

Merupakan pengurus yang bertugas mengkoordinasi kebijakan atau program HIMA prodi terkait dan bertanggungjawab dengan kelancaran pelaksanaan program tersebut. Tidak mudah menjadi seorang ketua HIMA, tetapi Kamu yang punya kemampuan memimpin organisasi wajib mengajukan diri dalam perekrutan terbuka ketua HIMA nanti.

2. Sekretaris Jenderal atau wakil ketua

Pengurus yang menjadi sub coordinator atau wakil ketua yang bertugas membantu ketua dalam merencanakan, mengatur dan mengawasi pelaksanaan kegiatan HIMA.

3. Sekretaris

Pengurus HIMA yang bertugas melakukan dokumentasi dan pengarsipan kegiatan di HIMA terkait. Urusan surat menyurat menjadi bagian penting dari sekretaris dalam organisasi mahasiswa ini.

4. Bendahara

Merupakan pengurus penting dalam organisasi yang memiliki tugas mengatur sistem perencanaan dan pengelolaan keuangan dalam HIMA tersebut.

5. Divisi

Dalam HIMA jurusan, ada beberapa divisi-divisi yang memiliki struktur ketua, sekretaris dan bendahara tersendiri. Tugas dari divisi sesuai dengan kebutuhan atau melakukan program kerja yang sudah tertuang dalam rencana program HIMA, misalnya divisi dalam negeri, divisi luar negeri, divisi pendidikan, divisi sosial, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Mata Kuliah Jurusan Manajemen Yang Dipelajari Di Kampus

6. Koordinator ketua angkatan

Merupakan pengurus yang bertugas untuk mengkoordinasi kegiatan antar internal angkatan yang dilakukan bersama dengan ketua angkatan.

7. Anggota

Merupakan mahasiswa yang tergabung dalam prodi atau jurusan kuliah di kampus tersebut.

Selain struktur organisasi HIMA di atas, Kamu juga harus tahu ada dewan penasihat yaitu mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas sebagai pengurus dan memberikan arahan kepada pengurus baru dalam melaksanakan program kerja dalam organisasi HIMA. Nantinya HIMA prodi bertanggungjawab melaporkan semua kegiatan atau program kepada Ketua Jurusan, BEM dan pembantu dekan III.

Setiap mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan orientasi prodi, kemudian mahasiswa yang sudah aktif dan terdaftar dalam jurusan merupakan anggota HIMA tersebut. Nantinya ada perekrutan ketua dan pengurus HIMA yang dilakukan secara terbuka, ya! Kamu yang tertarik bergabung menjadi pengurus HIMA sejak awal perkuliahan, tidak ada salahnya memahami lebih dulu tentang struktur organisasi Himpunan Mahasiswa. Siapa tahu pengalaman pertama di HIMA bisa membawa Kamu menjadi pengurus BEM atau senat mahasiswa kelak, bukan?