Syarat Mengambil S2

Image: canva.com

Mau Ambil S2? Ini Syarat Mengambil S2 Yang Harus Disiapkan

Ingin lanjut S2 agar bisa mendapatkan jenjang karir lebih mapan kedepannya, boleh-boleh saja. Kamu yang berstatus sarjana dan bekerja di bidang akademik sebagai tenaga pengajar, misalnya, maka mengambil S2 untuk menjadi dosen. Peluang karir yang jelas setelah lulus S2 menunggu Kamu, kok. Pastikan Kamu memenuhi syarat mengambil S2 agar bisa melanjutkan proses pendidikan dengan lancar.

Supaya keinginan Kamu melanjutkan pendidikan S2 berjalan lancar, maka penuhi semua syarat mengambil S2 berikut :

1. Memiliki motivasi yang kuat lebih dulu

Apa motivasi Kamu mengambil program S2 tahun ini; apakah berkaitan dengan dunia kerja, ingin menjadi profesional atau alasan lain? Pastikan Kamu punya motivasi yang kuat untuk melakoni pendidikan dalam durasi waktu 1,5-2 tahun mendatang.

2. Tentukan tujuan kuliah

Tujuan kuliah Kamu berkaitan dengan jenjang karir yang sangat jelas, maka Kamu bisa mengambil peluang ini.

3. Pilih kampus negeri, swasta atau luar negeri

Lakukan riset lebih dulu dengan memilih kampus yang akan menjadi tempat belajar Kamu dua tahun mendatang. Mau memilih kampus negeri, swasta atau luar negeri, pastikan Kamu sudah menganalisa kekurangan dan kelebihan masing-masing.

4. Mengikuti tes TOEFL, TOEIC atau IELTS

Persiapkan diri Kamu mengikuti tes TOEFL, TOEIC atau IELTS sesuai dengan persyaratan mengambil peluang S2 ini. Biasanya kampus mematok nilai TOEFL minimal 450 untuk Kamu yang ingin lanjut S2, apalagi Kamu yang berencana mengajukan beasiswa pendidikan ke luar negeri. Pastikan menguasai Bahasa Inggris lisan dan tulisan agar esai Kamu menarik pemberi beasiswa.

Baca Juga:  Lulus Nanti Jadi Apa? Coba Lihat Prospek Kerja Pariwisata Berikut Ini!

5. Nilai IPK S1 sesuai patokan kampus

Tidak semua kampus menerapkan kebijakan ini, tetapi kampus negeri favorit bisa menerapkan patokan nilai IPK minimal 3,25 agar bisa lolos menjadi mahasiswa S2.

6. Menyiapkan tema penelitian tesis

Memang tidak semua kampus memiliki kebijakan ini, tetapi mayoritas kampus menanyakan tema penelitian tesis di awal. Kamu yang punya tema penelitian sejak awal sebab melanjutkan pendidikan dengan skema penelitian, pastikan sudah punya rencana penelitian tesis nanti.

7. Menyiapkan finansial

Finansial yang mapan wajib mendukung program pendidikan S2 Kamu, apalagi Kamu yang berencana melanjutkan pendidikan dengan dana pribadi.

8. Riset beasiswa pendidikan S2

Melanjutkan pendidikan dengan beasiswa S2 bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang punya prestasi akademik memadai. Lakukan riset dan penuhi semua dokumen persyaratan agar bisa lolos seleksi beasiswa S2 nanti, ya!

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan Dan Perkiraan Gajinya

9. Siap belajar lebih giat

Kamu harus belajar lebih giat agar bisa menjalani pendidikan S2 yang tidak mudah, apalagi Kamu harus melakukan lebih banyak penelitian untuk tesis yang memiliki program kerja 80 persen dari mahasiswa dan dosen pembimbing hanya memberi andil 20 persen dari tugas akhir tersebut.

10. Manajemen waktu kuliah dan bekerja

Kebanyakan mahasiswa S2 melakoni pendidikan di sela waktu bekerja, maka Kamu wajib memiliki manajemen waktu yang baik.

Nah, apakah Kamu sudah memenuhi semua syarat mengambil S2 sebelum memutuskan lanjut pendidikan ini? Bila punya peluang dan motivasi tinggi untuk berkarir profesional, tidak ada salahnya melanjutkan pendidikan Kamu meraih titel magister.