Alasan Memilih Jurusan IPS

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Di SMA

Jurusan IPS dianggap jurusan yang lebih santai dibandingkan dengan jurusan IPA di bangku SMA. Ada pula sebagian orang yang menganggap bahwa jurusan IPS diambil anak-anak yang memiliki prestasi akademik kurang bagus. Benarkah demikian? Ternyata ada banyak alasan memilih jurusan IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA bila Kamu memang tertarik pada bidang ini, lho!

Alasan Memilih Jurusan IPS yang Perlu Dipertimbangkan

Sebagian orangtua masih menginginkan anak memilih jurusan IPA yang dianggap lebih prestise dan relevan untuk prospek masa depan. Kamu yang tidak memiliki minat pada jurusan IPA, maka bisa memilih jurusan IPS, kok. Berikut beberapa alasan memilih jurusan IPS di bangku SMA yang bisa Kamu jadikan referensi yaitu :

Baca Juga:  Agar Makin Yakin, Berikut Peluang Kerja Jurusan Tata Boga SMK

1. Lebih tertarik pada ilmu sosial

Kamu memang lebih tertarik pada ilmu sosial dibandingkan ilmu alam menjadi alasan utama kenapa memilih jurusan di SMA ini. Anak IPS memang terlihat lebih santai, tetapi Kamu bisa belajar banyak ilmu dari jurusan yang bisa memberikan pengalaman langsung dengan kehidupan sosial.

2. Ingin belajar komunikasi yang bagus

Kamu suka berinteraksi dengan orang lain, punya kepribadian yang mudah belajar hal baru, suka berkomunikasi, negosiasi, dan aktivitas ekstrovert lain, maka masuk IPS merupakan pilihan paling jitu.

3. Punya prospek yang tidak kalah menarik

Prospek pekerjaan jurusan IPS sangat terbuka luas dengan potensi gaji yang tidak kalah bagus, kok.

Baca Juga:  Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Pasca Lulus

4. Cocok untuk anak yang kurang menyukai ilmu eksak

Kamu kurang pandai dalam hitungan, pertimbangkan masuk jurusan IPS meskipun IPS tetap harus belajar Ekonomi.

5. Suka memahami isu terbaru

Kamu lebih suka mengamati kejadian di lingkungan sekitar, isu terbaru, perkembangan global, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, langsung saja pilih jurusan IPS.

6. Penerapan ilmu langsung pada masyarakat

Kamu bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam IPS seperti Sosiologi, Ekonomi, Geografi hingga Sejarah secara langsung ke masyarakat.

7. Ingin masuk prodi SOSHUM

Nantinya Kamu bisa masuk prodi di lingkup SOSHUM yang punya pilihan jurusan lebih banyak, misalnya Komunikasi, Manajemen Bisnis, Akuntansi, Hukum, Bahasa, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Mending IPA Atau IPS Saat Milih Jurusan SMA

8. Cocok untuk anak dengan kepribadian supel

Kalau Kamu punya kepribadian supel, suka materi hafalan, suka belajar sejarah, maka bisa langsung ambil IPS.

9. Tidak ada praktikum yang padat

Anak IPA memang identik dengan praktikum yang lebih banyak, biaya pendidikan yang lebih tinggi dan jadwal yang relatif lebih padat.

10. Jadwal yang lebih mudah diatur

Alasan suka jurusan IPS karena jadwal yang lebih santai, mudah diatur bila Kamu punya kegiatan lain di luar sekolah, pelajaran yang menarik, dan seru.

Dengan berbagai alasan memilih jurusan IPS di atas, Kamu tetap bisa berprestasi seperti anak IPA. Kata siapa anak IPS tidak bisa memiliki karir cemerlang seperti lulusan IPA?