Alasan Memilih Menjadi Dokter

Image: canva.com

Ini Dia 10 Alasan Memilih Menjadi Dokter Sebagai Pilihan Tepat

Di era serba digital seperti sekarang, sebagian generasi muda memiliki cita-cita yang berubah dari dekade lalu. Ada yang ingin menjadi orang yang berkarir di bidang informatika, sebagian lain memilih profesi sebagai konten kreator. Namun, ada pula anak muda yang memiliki impian menjadi dokter sampai kapan pun. Bila Kamu memiliki potensi masuk jurusan Kedokteran, berikut alasan memilih menjadi dokter merupakan pilihan yang tepat.

Berikut beberapa alasan memilih menjadi dokter yang bisa menjadi bahan referensi Kamu sebelum memasukkan formulir SNMPTN atau SBMPTN yaitu :

1. Lulusan IPA yang potensial

Kamu lulusan IPA yang tertarik mempelajari Biologi, Fisika dan Kimia sehingga bisa memilih karir di kedokteran.

2. Dokter dibutuhkan sepanjang masa

Alasan ingin menjadi dokter sebab profesi ini selalu dibutuhkan sepanjang masa atau tidak terpengaruh dengan situasi atau kondisi tertentu. Meskipun di era digital pun, dokter bisa berkonsultasi dengan pasien lewat virtual dengan memberikan penanganan dan resep yang tepat.

3. Bisa memberikan manfaat pada orang lain

Alasan ingin menjadi dokter sebab Kamu bisa memberikan manfaat pada orang lain lewat konsultasi dan penanganan kesehatan yang terbaik.

4. Prospek kerja yang sangat bagus

Kamu bisa bekerja sebagai dokter di rumah sakit, klinik kesehatan, instansi pemerintah, dan lain-lain.

5. Gaji dokter lumayan besar

Baru saja mengucap sumpah dokter dan berstatus ASN, Kamu mendapatkan gaji pokok minimal 2,8 juta rupiah atau golongan III B, belum termasuk tunjangan dan insentif kesehatan. Berdasarkan survei JDN Indonesia, dokter bisa mendapatkan gaji lebih dari 10 juta rupiah bila praktik di beberapa tempat.

Baca Juga:  Berikut Ini Pilihan Prospek Kerja Teknik Perminyakan Setelah Lulus

6. Bisa melanjutkan pendidikan jadi dokter spesialis

Kamu bisa melanjutkan pendidikan menjadi dokter spesialis dengan bayaran yang lebih tinggi, misalnya dokter spesialis bedah di Indonesia bisa memiliki gaji mulai 20-45 juta rupiah per bulan. Gaji belum termasuk tunjangan, penghasilan jasa profesi dan tambahan dari tempat praktik lain.

7. Bisa membuka praktik mandiri

Kamu bisa membuka praktik mandiri sesuai dengan prosedur yang berlaku setelah menjadi dokter nanti.

8. Bisa memiliki profesi ganda

Menjadi dokter sekaligus pembicara di acara seminar, workshop, pebisnis atau penulis pun, kenapa tidak?

9. Prestise yang sangat jelas

Alasan ingin menjadi dokter sebab bisa meningkatkan status sosial di masyarakat.

Baca Juga:  Masih Ragu Mau Jurusan Apa? Simak Prospek Kerja Perikanan Ini

10. Pekerjaan yang sangat mulia

Tidak hanya ingin mendapatkan kemapanan finansial, menjadi dokter merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan memiliki pahala besar di sisi Tuhan YME.

Dari berbagai alasan memilih menjadi dokter di atas, mungkin Kamu tertarik mencoba peluang masuk jurusan Kedokteran yang ditopang prestasi akademik dan finansial yang bagus. Kamu yang berasal dari keluarga tidak mampu pun, bisa mencoba masuk jurusan Kedokteran dengan program beasiswa KIP Kuliah.