Cara Menentukan Golongan UKT

Image: canva.com

Untuk Persiapan, Ini Cara Menentukan Golongan UKT Kamu

Bagi Kamu yang akan berkuliah, penting sekali untuk mempersiapkan masalah biaya. Apalagi sekarang biaya kuliah menggunakan sistem UKT yang semakin mahal nominalnya. Mari cari tahu seperti apa cara menentukan golongan UKT karena sebenarnya nominal UKT ini akan ditentukan oleh besar gaji orang tuamu sendiri.

1. Cari Tahu Kelompok UKT

Langkah pertama, Kamu sebaiknya mencari tahu dulu kelompok UKT yang ada di universitas tempat Kamu kuliah. Perlu diketahui bahwa setiap kampus punya aturan pengelompokkan UKT yang berbeda-beda. Jadi silakan cari tahu langsung di kampusmu sendiri supaya nominalnya bisa diketahui dengan pasti.

Pertama-tama, cari tahu dulu ada berapa kelompok UKT sesuai aturan kampus. Kemudian temukan berapa nominal UKT untuk masing-masing kelompok tersebut. Ada kampus yang memiliki nilai UKT mulai dari Rp500 ribu hingga Rp10 juta per semester. Namun besarnya pasti akan berbeda untuk masing-masing kampus termasuk pembagian kelompoknya.

Jangan lupa, perhatikan juga jurusan kuliahmu. Bisa saja jurusan A punya pembagian UKT yang berbeda dengan jurusan B. Jadi selain universitas, Kamu harus mencari informasi pembagian UKT ini berdasarkan jurusan yang sudah dipilih.

2. Hitung Jumlah Pendapatan Orang Tua

Cara menentukan golongan UKT berikutnya adalah hitung jumlah pendapatan orang tuamu. Ini sangat penting untuk dilakukan karena beban UKT yang harus ditanggung akan disesuaikan dengan jumlah pendapatan orang tua. Pendapatan yang dimaksud di sini adalah penghasilan utama dan penghasilan sampingan jika ada.

Pastikan Kamu menghitung dengan cermat dan benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada. Ingat, nantinya jumlah penghasilan ini akan menentukan jumlah beban biaya yang harus dibayarkan per semesternya. Jadi jangan sampai salah hitung supaya biaya kuliah bisa ter-cover dengan baik.

Baca Juga:  Akan Kuliah? Ini Pembagian UKT Berdasarkan Gaji Orang Tua

3. Masukkan Data Penghasilan Bersih

Jika sudah selesai menemukan berapa total penghasilan orang tua, maka segera cari nilai penghasilan bersihnya. Penghasilan bersih yang dimaksud di sini adalah penghasilan kotor yang sudah dikurangi dengan cicilan dan biaya hidup bulanan. Jangan sampai Kamu memasukkan data penghasilan kotor ke sistem kampus, melainkan harus penghasilan bersih.

Biasanya pihak kampus juga akan menyediakan formulir khusus terkait pengeluaran atau kondisi finansial keluarga. Isi saja data tersebut dengan benar sesuai informasi yang diminta. Jangan melebih-lebihkan atau mengurangi penghasilan juga pengeluaran rutin keluargamu.

4. Temukan Golongan UKT yang Tepat

Jika sudah tahu berapa besar penghasilan bersih orang tua, maka waktunya untuk menentukan golongan UKT yang dimiliki. Dari sini Kamu bisa mencari data UKT kampus dan mencocokkan dengan penghasilan bersi orang tua. Itulah jumlah UKT yang harus ditanggung per semester dan bisa segera Kamu diskusikan kepada orang tua.

Baca Juga:  Berikut Perbedaan Biaya Kuliah Negeri Dan Swasta Biar Kamu Tau

Cara menentukan golongan UKT ini sebenarnya sangat mudah. Pastikan Kamu tidak melebihkan atau mengurangi penghasilan orang tua saat melakukan pengisian data. Ikuti saja instruksi dari kampus dan patuhi aturan pengelompokkan UKT yang sudah mereka buat.