Prospek Kerja Komunikasi Penyiaran Islam

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Komunikasi Penyiaran Islam Dan Perkiraan Gajinya

Kamu ingin mempelajari mengenai komunikasi dalam bidang pers, penyiaran, dan retorika yang dijiwai nilai Islam? Maka mengambil jurusan Komunikasi Penyiaran Islam akan sangat tepat. Sebagai pertimbangan, simak beberapa prospek kerja komunikasi penyiaran Islam berikut:

1. Wartawan Atau Reporter

Kamu tentu sudah mengenal profesi satu ini. Wartawan merupakan orang yang bekerja mencari berita dan menuliskannya. Wartawan memiliki gaji cukup besar, setidaknya Kamu akan mendapatkan sekitar Rp 3 juta per bulan, bahkan lebih.

2. Editor

Editor merupakan seseorang yang menjadi penyunting sebuah naskah dan salah satu jabatan keredaksian di dunia wartawan. Jika Kamu ingin mendapatkan posisi ini harus mulai dari tingkat bawah yaitu wartawan. Untuk masalah gaji, Kamu bisa mendapatkan mulai dari Rp 7 juta tiap bulannya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Agar Yakin

3. Penyiar

Saat ini penyiar masih sangat dibutuhkan, baik penyiar radio maupun penyiar di kanal daring. Kamu bisa mendapatkan penghasilan cukup besar, mulai dari Rp 5 jutaan setiap bulannya dengan menjadi penyiar.

4. Jurnalis Keislaman

Selain menjadi jurnalis umum, Kamu juga bisa menjadi jurnalis khusus keislaman. Artinya berita maupun tulisan yang diterbitkan memiliki keterkaitan dengan Islam. Sama seperti wartawan, gajinya dimulai pada angka 3 jutaan.

5. Guru Atau Tenaga Pendidik

Prospek kerja komunikasi penyiaran Islam adalah menjadi guru maupun tenaga pendidik. Saat ini, guru untuk pelajaran komunikasi dan penyiaran Islam masih sangat sedikit. Pekerjaan ini memberikan penghasilan sekitar 3 juta dan bisa meningkat.

Baca Juga:  Berikut Perbedaan Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Konvensional

6. Bekerja Di Stasiun Televisi

Bekerja di stasiun televisi juga bisa menjadi pilihan. Dengan pekerjaan yang mapan ini, pendapatan mulai 3 juta setiap bulannya ada di tangan. Apalagi dunia kerja di stasiun televisi sangat dinamis sehingga tidak terasa membosankan.

7. Bekerja Di Media Cetak

Selain di stasiun televisi, kesempatan bekerja di kantor media cetak juga terbuka lebar. Kamu bisa menjadi penulis, editor, maupun staf di kantor media cetak. Rata-rata gaji yang diberikan sesuai UMR daerah masing-masing.

8. Penulis Artikel Online Freelance

Ingin pekerjaan yang bebas dan tidak terikat? Kamu dapat mencoba menjadi penulis artikel lepas di media online. Penghasilannya cukup besar apabila Kamu rajin, yakni sebesar Rp 3 juta sebulannya.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ilmu Filsafat Yang Bisa Kamu Jadikan Sumber Motivasi

9. Public Speaking

Menjadi public speaking juga pilihan yang bagus apabila Kamu suka berbicara di depan umum. Pendapatan public speaking juga besar dan semakin ternama bayaran akan makin tinggi. Puluhan juta rupiah bisa didapatkan setiap bulan.

10. Presenter

Bukan hanya penyiar, Kamu juga bisa menjadi seorang presenter. Memulai dari presenter acara-acara kecil hingga mengisi acara televisi akan memberikan penghasilan tergantung dari job yang diambil. Untuk acara kecil bisa mendapatkan ratusan ribu sekali tampil dan honor bisa meningkat sesuai acaranya.

Prospek kerja komunikasi penyiaran Islam sangat luas dan terbuka sehingga lulusan jurusan ini memiliki potensi kerja tinggi. Jadi, buat Kamu yang mau ambil jurusan ini tidak perlu ragu lagi. Langsung ambil saja.