Prospek Kerja Administrasi Pendidikan

Image: canva.com

10 Prospek Kerja Administrasi Pendidikan Dan Perkiraan Gajinya

Jurusan administrasi pendidikan mungkin tidak begitu banyak peminat saat ini. Namun sesungguhnya jurusan ini dapat dijadikan pilihan tepat karena peluang karier terbuka lebar. Berikut akan dibahas 10 prospek kerja administrasi pendidikan yang bisa Kamu tekuni serta perkiraan gaji yang bisa Kamu dapatkan.

1. Pengawas Pendidikan

Sebagai lulusan administrasi pendidikan, Kamu bisa mendapatkan jabatan sebagai pengawas pendidikan. Untuk bisa menekuni profesi ini, Kamu terlebih dahulu harus jadi PNS dan bekerja di Dinas Pendidikan baik tingkat provinsi maupun daerah. Perkiraan gaji dari profesi ini adalah Rp2.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

2. Perencana Pendidikan

Kamu juga bisa bekerja sebagai perencana pendidikan setelah lulus nanti. Perencana pendidikan ini dibutuhkan tidak hanya di sekolah tapi juga di universitas. Gaji yang bisa diterima perencana pendidikan bisa mulai dari angka Rp3.500.000,00.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Sastra Jawa Bisa Jadi Pilihan Karir

3. Koordinator Online Learning

Zaman sekarang serba canggih, online learning semakin populer di masyarakat. Kamu juga bisa menjadi koordinator online learning berbekal ilmu dari jurusan administrasi pendidikan. Gaji yang diterima koordinator online learning bisa mulai dari angka Rp2.000.000,00.

4. Staf Dinas Pendidikan

Jika Kamu ingin jadi PNS, maka ikutlah seleksi dan bergabunglah sebagai staf di Dinas Pendidikan. Sebagai staf Dinas Pendidikan Kamu bisa dapat gaji stabil dan jumlahnya lumayan besar. Rata-rata gaji yang diterima staf di dinas ini berkisar di angka Rp4.000.000,00.

5. PNS

Tidak hanya jadi PNS di dinas pendidikan, Kamu juga punya peluang jadi PNS ke bagian yang lain. Selama ada formasi terbuka untuk jurusanmu, Kamu punya kesempatan. Gaji jadi PNS bisa berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Prospek Kerja Agroteknologi Pasca Kuliah Nih

6. Konsultan Pendidikan

Prospek kerja administrasi pendidikan yang berikutnya adalah menjadi konsultan pendidikan. Sebagai konsultan pendidikan, Kamu bisa memberikan banyak pendapat dan saran mengenai dunia pendidikan. Gaji konsultan pendidikan bisa mulai dari angka Rp5.000.000,00.

7. Staf Administrasi Sekolah

Kamu juga bisa bekerja di sekolah atau universitas sebagai bagian dari staf administrasi. Kamu bisa menjadi pegawai di bagian TU misalnya. Biasanya staf administrasi sekolah akan menerima gaji mulai dari angka Rp2.000.000,00.

8. Pustakawan

Kamu juga bisa dapat peluang berkarier sebagai pustakawan. Tugasmu adalah melakukan pengelolaan perpustakaan. Pustakawan bisa mendapat gaji yang bervariasi mulai dari Rp2.000.000,00.

9. Kepala Sekolah

Lulusan administrasi pendidikan juga punya peluang besar untuk jadi kepala sekolah. Agar bisa sampai di posisi ini tentu Kamu harus memulainya dari bawah dengan menjadi staf pengajar misalnya. Sebagai kepala sekolah, Kamu bisa menerima gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah Dan Perkiraan Gajinya

10. Wirausaha

Jika tak ingin terjun ke dunia pendidikan, pilih saja bekerja sebagai wirausaha. Kamu bisa membuka bisnis sendiri dan dapat penghasilan besar. Jumlah pendapatanmu bisa tak terhingga jika bisnismu sukses.

Itulah tadi prospek kerja administrasi pendidikan. Jurusan ini bisa Kamu jadikan sebagai pilihan saat berkuliah nanti. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untukmu!