Prospek Kerja Psikologi

Image: canva.com

Sebelum Kuliah Psikologi, Pelajari Dulu Apa Saja Prospek Kerja Psikologi

Jika Kamu tertarik pada ilmu yang mempelajari perilaku dan mental manusia, maka masuk jurusan psikologi saat kuliah merupakan pilihan yang tepat. Sebagai tambahan pertimbangan, berikut prospek kerja psikologi:

1. Market Researcher

Bekerja di perusahaan swasta maupun lembaga pemerintahan sebagai market researcher, memberikan Kamu tugas untuk memahami dan meneliti kondisi pasar. Tujuannya untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan atau lembaga tempat Kamu bekerja. Untuk gajinya mulai dari Rp3 juta.

2. Dosen atau Pengajar

Lulusan psikologi juga bisa menjadi pengajar di sekolah atau dosen di perguruan tinggi. Namun, Kamu harus menambahkan pendidikan sebagai pengajar atau menempuh pendidikan S2 untuk menjadi dosen. Gaji pengajar mulai dari Rp3 juta dan dosen bisa dapat gaji sekitar Rp5 juta sampai puluhan juta setiap bulannya.

Baca Juga:  Selain Dokter Gigi, Ini Pilihan Prospek Kerja Kedokteran Gigi Lainnya

3. Therapist

Kamu juga bisa menjadi seorang terapis yang bekerja membantu pasien dalam menangani permasalahan kesehatan mental. Kamu bisa menggunakan berbagai metode dan media untuk melakukan terapi pada pasien. Gaji yang diperoleh bisa mencapai puluhan juta.

4. Manajer Periklanan

Menjadi seorang manajer periklanan juga bisa dilakukan lulusan jurusan psikologis. Apalagi saat ini manajer periklanan sangat dibutuhkan di organisasi atau perusahaan. Menjadi manajer periklanan memberikan Kamu penghasilan mulai dari Rp5 juta.

5. Psikolog

Prospek kerja psikologi adalah menjadi psikolog yang membantu pasien untuk bisa mengatasi berbagai masalah kejiwaan. Psikolog bisa membuka praktik sendiri atau bekerja di lembaga kesehatan. Gaji seorang psikolog mulai dari Rp5 juta.

Baca Juga:  Mau Kuliah Teknik Geofisika? Ini 10 Prospek Kerja Teknik Geofisika

6. Geropsychologist

Pekerjaan sebagai geropsychologist akan berfokus pada kesehatan mental atau perilaku orang lansia. Penghasilan seorang geropsychologist adalah sebesar Rp5 juta atau lebih.

7. Konselor

Menjadi konselor Kamu akan mendapatkan berbagai macam tugas memberikan layanan dukungan, konseling, maupun layanan rehabilitasi lainnya. Kamu dapat memilih bekerja di lembaga pendidikan, rumah sakit, lembaga hukum, atau membuka praktik sendiri. Gaji seorang konselor mulai dari Rp4 jutaan.

8. Psikolog Forensik

Profesi psikolog forensik merupakan pekerjaan yang membutuhkan fokus dan keberanian. Sebab pekerjaan ini berhubungan langsung dengan dunia kriminal. Sebagai seorang ahli psikolog forensik, Kamu bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp5 juta.

9. Psikolog Konsumen

Peran dari seorang psikolog konsumen adalah memahami perilaku konsumen sehingga dapat membantu pemasaran sebuah produk atau brand tertentu. Dengan menjadi psikolog konsumen akan mendapatkan gaji mulai dari Rp4 jutaan.

Baca Juga:  10 Pilihan Prospek Kerja Administrasi Negara Dan Kemungkinan Gajinya

10. Human Resources Specialist

Bekerja di perusahaan atau lembaga pemerintahan sebagai human resources akan membuat Kamu bertanggung jawab dalam bidang sumber daya manusia di lembaga tersebut. Pekerjaan ini memberikan penghasilan minimal Rp4 juta per bulan.

Nah, berbagai prospek kerja jurusan psikologi di atas akan semakin memantapkan pilihan Kamu dalam mengambil jurusan ini saat kuliah. Semoga Kamu bisa mengambil pilihan tepat mengenai jurusan kuliah dan sukses meraih karier impian.