Prospek Kerja Jurusan Olahraga

Image: canva.com

Senang Olahraga? Berikut Pilihan Prospek Kerja Jurusan Olahraga!

Apa Kamu sangat suka pelajaran olahraga? Jika Kamu suka pelajaran ini, maka bisa mengambil kuliah jurusan ini. Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa prospek kerja jurusan olahraga:

1. Guru Olahraga

Lulusan jurusan olahraga kebanyakan memang menjadi guru olahraga untuk tingkat SD, SMP, maupun SMA. Sekolah negeri maupun swasta membutuhkan guru olahraga, termasuk lembaga pendidikan seperti pesantren. Gaji seorang guru olahraga mulai dari Rp2 jutaan sebulan.

2. Pelatih

Kebanyakan orang berpikir bahwa lulusan jurusan olahraga hanya bisa menjadi guru olahraga saja, padahal ada banyak pekerjaan lain bisa dilakukan, misalnya menjadi pelatih. Kamu bisa menjadi pelatih tim olahraga dan mendapatkan gaji mulai dari Rp3 juta sebulan.

3. Terapis Fisik

Lulusan jurusan olahraga juga punya kesempatan untuk menjadi terapis fisik. Terutama jika Kamu mendalami pendidikan terapis sebagai tambahan selain ijazah jurusan olahraga. Seorang terapis bisa mendapatkan gaji hingga Rp5 juta per bulan, bahkan lebih.

4. Atlet Profesional

Kamu juga bisa menjadi seorang atlet profesional. Untuk menjadi atlet profesional, Kamu harus melakukan latihan intensif sesuai dengan olahraga yang ditekuni. Kamu bisa memilih cabang atletik, sepak bola, basket, atau cabang olahraga lain sesuai bakat dan keahlian. Untuk penghasilan atlet bisa dikatakan tidak menentu. Semakin banyak menjuarai kejuaraan, maka akan makin banyak penghasilan didapatkan.

5. Membuka Fitness Center

Prospek kerja jurusan olahraga lainnya adalah menjadi pengusaha di bidang fitness. Jika Kamu punya modal yang cukup, bisa membeli bangunan atau menyewanya lalu menambahkan alat-alat olahraga yang dapat digunakan oleh member atau non-member. Untuk masalah pendapatan, Kamu bisa menghasilkan jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Perkiraan Gajinya

6. Pelatih Fitness

Jika tidak atau belum punya modal untuk membuka tempat fitness, Kamu bisa memulai dengan menjadi pelatih fitness. Menjadi pelatih bisa memberikan penghasilan setidaknya Rp3 juta sebulan.

7. Membuka Toko Alat Olahraga

Menjadi seorang pengusaha juga bisa Kamu lakukan, bukan hanya membuka tempat fitness, tapi membuka toko penjualan alat olahraga. Kemampuan marketing akan menjadi modal utama dalam meraih penghasilan besar. Keuntungan tergantung seberapa banyak produk yang bisa dijual ke konsumen.

8. Membuka Usaha Reflexology

Usaha lain yang bisa dilakukan seorang lulusan jurusan olahraga adalah membuka usaha reflexology. Usaha ini akan membantu banyak orang dan saat ini tengah banyak digunakan masyarakat. Menghasilkan jutaan hingga puluhan juta sebulan sangat memungkinkan.

Baca Juga:  Gak Usah Ragu, Berikut Prospek Kerja Agribisnis Pasca Lulus

9. Pengelola Klub Olahraga

Selain menjadi pengajar atau pengusaha, Kamu juga bisa menjadi pengelola klub olahraga. Menjadi pengelola klub olahraga penghasilannya juga bagus, paling tidak bisa menghasilkan Rp4 juta sebulan.

10. Menjadi Pelatih Senam

Senam menjadi olahraga yang banyak disukai, terutama kaum hawa. Jika Kamu suka senam dan menguasai banyak gerakannya, tidak ada salahnya memperdalam keahlian ini agar bisa menjadi pelatih senam di masa mendatang dan mendapatkan penghasilan mulai dari Rp3 juta per bulan.

Menjalani studi di bidang olahraga saat ini punya masa depan yang bagus. Bukan hanya menjadi guru atau pengajar, prospek kerja jurusan olahraga terbuka lebar dan memberi Kamu banyak pilihan.