Prospek Kerja Keperawatan

Image: canva.com

Gak Hanya Perawat, Berikut Contoh Pilihan Prospek Kerja Keperawatan

Jika Kamu ingin bekerja di bidang sosial, ada baiknya memilih jurusan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Salah satu potensi yang bisa Kamu jadikan pertimbangan adalah Ilmu Keperawatan. Pekerjaan perawat cocok untuk Kamu yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sabar, mampu kerja sama tim, dan tekun, maka wajib masuk jurusan Keperawatan. Toh, prospek kerja Keperawatan baik lulusan D3 atau S1 cukup besar di lapangan.

Berapa nominal gaji seorang perawat di klinik atau rumah sakit tahun ini? Daripada Kamu bertanya-tanya prospek kerja Keperawatan, simak referensi pekerjaan dan perkiraan gaji tiap bulan berikut :

1. Perawat klinik atau rumah sakit

Kamu bisa bekerja sebagai perawat klinik atau rumah sakit dengan gaji tiap bulan mulai 2,5 juta rupiah. Jika berstatus ASN, gaji perawat di puskesmas sekitar 2,2 juta rupiah belum termasuk tunjangan Nakes dan sebagainya.

2. Perawat home care

Menjadi perawat home care mendapat bayaran mulai 4-7 juta rupiah sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.

3. Asisten dokter

Menjadi asisten dokter di puskesmas, klinik atau rumah sakit, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai 2,5 hingga di atas 10 juta rupiah per bulan tergantung kebijakan tempat kerja.

4. Perawat lansia

Tidak hanya menjadi perawat anak atau bayi, Kamu juga bisa menjadi perawat lansia yang mendapatkan tawaran gaji tak kalah sama. Perawat berpengalaman dalam menangani lansia dengan kebutuhan tertentu, maka bisa mendapat bayaran lebih besar 3-5 juta rupiah per bulan.

5. Perawat anak atau bayi

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Administrasi Publik Dan Perkiraan Gajinya

Menjadi perawat anak atau bayi yang dibutuhkan di rumah atau pusat penitipan anak memberikan tawaran gaji yang menarik. Gaji perawat yang lebih menguasai teori dan praktik merawat si kecil bisa mencapai angka 3-5 juta rupiah per bulan.

6. Perawat kesehatan mental

Punya kemampuan komunikasi, sabar, tekun, pendengar yang baik, dan punya personality yang bagus, maka Kamu cocok menjadi perawat kesehatan mental.

7. Pekerja klinik kecantikan

Kamu bisa menjadi pekerja atau perawat di klinik kecantikan yang profesional dengan gaji 2,5-5 juta rupiah.

8. Pengusaha home care

Menjadi pengusaha home care yang menyediakan pelayanan keperawatan masyarakat di rumah, kenapa tidak? Prospek kerja Keperawatan membantu Kamu menentukan omzet bulanan yang ingin Kamu dapatkan mulai sekarang!

Baca Juga:  Bagaimana Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi? Ini 10 Infonya

9. Dosen

Menjadi dosen yang mengajari di bidang Ilmu Keperawatan bisa menjadi pilihan karir terbaik. Gaji dosen berkisar 2,5-5 juta rupiah, ada tunjangan dan bonus, apalagi Kamu yang berstatus dosen ASN.

10. Instruktur perawatan

Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian, laboratorium atau lembaga pendidikan di bidang Keperawatan. Tugas Kamu adalah mengawasi, mengevaluasi dan menilai pekerjaan siswa selama mengerjakan tugas atau penelitian di laboratorium. Kamu juga harus merencanakan dan mengikuti perkembangan yang terjadi di lapangan. Gaji seorang instruktur perawatan berkisar 1,8-6 juta rupiah per bulan.

Yakin tidak ingin mengambil kesempatan dari sekian banyak prospek kerja Keperawatan di atas?