Prospek Kerja Kedokteran Hewan

Image: canva.com

Bingung Lulus Jadi Apa? Baca Dulu Prospek Kerja Kedokteran Hewan Ini

Dibandingkan dengan jurusan Kedokteran umum, peminat jurusan Kedokteran Hewan lebih rendah. Tugas dan tanggung jawab dokter hewan yang tak kalah besar dalam menangani dan mencegah hewan terkena penyakit menjadi peran penting dalam sektor peternakan. Tak heran kalau prospek kerja Kedokteran Hewan banyak dibutuhkan di dunia peternakan Indonesia.

Seorang dokter hewan harus punya kemampuan komunikasi, sabar dan telaten merawat hewan peliharaan atau hewan ternak. Kalau Kamu punya skill yang dibutuhkan, berikut prospek kerja Kedokteran Hewan dengan gaji yang cukup besar yaitu :

1. Dokter hewan

Kamu bisa menjadi dokter hewan setelah melalui pendidikan S1 dan menempuh pendidikan profesi. Gaji dokter hewan di klinik pengobatan hewan atau membuka usaha mandiri bisa mencapai angka 8-10 juta rupiah.

2. PNS

Bergabung dengan lembaga pemerintah dalam mengembangkan pengetahuan di klinik pengobatan hewan, rumah sakit hewan, balai karantina hewan, dan lain-lain. Gaji dokter hewan berstatus PNS tergantung golongan dan jabatan minimal 2.5 juta, belum tambahan tunjangan, bonus dan jaminan masa tua.

3. Perawat hewan

Menjadi perawat hewan kesayangan orang lain, perawat kuda atau staf pemerintah di Pusat Kesehatan Hewan bisa menjadi pilihan profesi Kamu.

4. Salon hewan

Kamu bisa menjadi dokter hewan di salon pemeliharaan dan perawatan hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan lain-lain. Gaji dokter hewan di sektor swasta bervariasi, tapi rata-rata gaji dokter hewan 8-10 juta.

Baca Juga:  Belum Yakin Jadi Bidang? Ini Alasan Memilih Jurusan Kebidanan

5. Ahli Bioteknologi

Menjadi ahli bioteknologi yang dibutuhkan sektor peternakan di Indonesia, Kamu mendapatkan jaminan kehidupan yang layak dengan gaji berjuta-juta.

6. Peternak

Kamu bisa menjadi peternak mandiri yang mengelola manajemen peternakan dengan omzet jutaan hingga ratusan juta rupiah saat panen. Keren, bukan?

7. Dokter hewan spesialis

Dokter hewan spesialis menguasai bidang klinis Kedokteran Hewan seperti penyakit dalam, ginekologi hewan dan lain-lain. Menjadi dokter hewan spesialis tidak mudah, tetapi Kamu punya peluang gaji di atas 10 juta rupiah per bulan.

8. Penyuluh kesehatan hewan ternak

Menjadi penyuluh kesehatan hewan ternak dari perusahaan swasta atau pemerintah ke sektor peternakan di pedesaan atau wilayah tertentu, kenapa tidak?

Baca Juga:  Pahami Dulu Prospek Kerja Desain Produk Jika Mau Kuliah Jurusan Ini

9. Dosen

Menjadi dosen Kedokteran Hewan harus menempuh pendidikan S1 hingga lebih tinggi agar bisa mengimplementasikan ilmu akademik yang dimiliki. Gaji dosen bervariasi tergantung kebijakan kampus, kecuali dosen ASN dengan gaji kisaran 2.5-5 juta rupiah belum termasuk tunjangan.

10. Peneliti

Kamu bisa menjadi seorang peneliti yang dibutuhkan di laboratorium penelitian hewan. Seorang peneliti bisa juga melakukan perjalanan ke alam bebas, melakukan riset dan penelitian pada satwa liar dan sebagainya. Profesi yang cukup menantang dengan gaji jutaan rupiah per bulan.

Yuk, tentukan masa depan Kamu dengan memilih salah satu dari prospek kerja Kedokteran Hewan ini!