Prospek Kerja Kedokteran Gigi

Image: canva.com

Selain Dokter Gigi, Ini Pilihan Prospek Kerja Kedokteran Gigi Lainnya

Memilih jurusan kuliah yang relevan dengan penjurusan di bangku SMA bisa menjadi peluang karir yang cemerlang. Kamu punya minat pada jurusan yang berkaitan dengan materi IPA di sekolah, bisa memilih prodi Kedokteran atau Farmasi. Selain Kedokteran umum, Kamu bisa mempertimbangkan masuk jurusan Kedokteran Gigi yang tak kalah prestise. Toh, prospek kerja Kedokteran Gigi di Indonesia cukup terbuka lebar untuk fresh graduate.

Menjadi dokter gigi membutuhkan pendidikan S1 Kedokteran Gigi dilanjutkan dengan program profesi. Setelah lulus kuliah, Kamu bisa langsung mengimplementasikan ilmu dengan bekerja di berbagai sektor berikut :

1. Klinik atau rumah sakit

Lulusan FKG yang telah lolos sertifikasi profesi dokter gigi bisa bekerja di klinik atau rumah sakit baik milik pemerintah atau swasta dengan gaji minimal 6 juta rupiah, belum termasuk tunjangan atau Kamu yang membuka praktik mandiri.

2. PNS

Bekerja sebagai dokter gigi berstatus PNS dengan bayaran pokok per bulan 2.5-5 juta, belum termasuk tunjangan atau bonus lain, kenapa tidak? Instansi POLRI dan TNI tetap membutuhkan dokter gigi yang kredibel, lho!

3. Dokter gigi spesialis

Menjadi dokter spesialis dengan gaji yang lebih besar mencapai belasan juta rupiah per bulan cocok menjadi peluang Kamu kelak. Pastikan Kamu mengambil spesialisasi yang sesuai minat seperti spesialis bedah mulut, ortodonsia, kedokteran anak, dan lain-lain.

4. Pekerja sosial medis

Kamu bisa bekerja sebagai pekerja sosial medis yang mengurusi kendala pasien, misalnya pengurusan asuransi, dukungan moril dan sebagainya. Gaji pekerja sosial medis biasanya mulai 4-6 juta rupiah per bulan.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Perkiraan Gajinya

5. Tenaga pendidik

Mengembangkan ilmu di bidang akademis sebagai dosen FKG dengan gaji jutaan rupiah cocok untuk Kamu yang suka dunia pendidikan.

6. Pengusaha dental care

Menjadi pengusaha yang membuka bisnis dental care atau dental shop terbaik, sah-sah saja. Kamu bisa menentukan omzet bulanan sendiri dengan memastikan kepuasan para pelanggan setia.

7. Peneliti

Menjadi dokter gigi sekaligus peneliti yang aktif di laboratorium penelitian, Kamu bisa mendapatkan bayaran fantastis dan memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan terbaru.

8. Bagian pengendalian mutu dan produk kesehatan

Prospek kerja Kedokteran Gigi sangat luas untuk Kamu yang ingin bekerja di sektor swasta. Kamu bisa bekerja sebagai pengendali mutu produk kesehatan gigi di perusahaan dengan bayaran mencapai angka di atas sepuluh juta rupiah.

Baca Juga:  Berikut Perbedaan Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Konvensional

9. Konsultan

Menjadi konsultan perawatan kesehatan dan kecantikan di klinik gigi ternama bisa menjadi pilihan Kamu.

10. Penulis

Kamu bisa berkarir sebagai dokter gigi yang aktif menulis atau memberikan informasi bermanfaat kepada orang lain di blog atau website pribadi. Tidak hanya bayaran sebagai dokter gigi, Kamu juga bisa mendapatkan royalti atau monetize blog yang menggiurkan.

Yuk, tentukan pilihan karir Kamu dengan memastikan masuk Fakultas Kedokteran Gigi sekarang juga! Prospek kerja Kedokteran Gigi yang terbuka lebar harus menjadi referensi Kamu sebelum memilih jurusan saat lulus SMA nanti.