Prospek Kerja Ilmu Gizi

Image: canva.com

Jika Kuliah Ilmu Gizi, Bisa Nih Pelajari Prospek Kerja Ilmu Gizi Lebih Dulu

Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan salah satu sektor yang menjanjikan profesi dengan gaji besar. Tak hanya bidang Kedokteran atau Keperawatan saja, sebaiknya Kamu mulai melirik jurusan Ilmu Gizi. Kira-kira bagaimana prospek kerja Ilmu Gizi dan perkiraan gaji yang diberikan per bulan? Supaya Kamu lebih yakin, simak ulasan singkat mengenai peluang jurusan kuliah ini.

Gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup memang menjadi pertimbangan utama. Tenang saja, Kamu bisa mendapatkan peluang gaji besar bila memilih prospek kerja Ilmu Gizi berikut :

1. Tenaga pendidik

Bekerja sebagai tenaga pendidik bisa menjadi pilihan profesi untuk Kamu yang ingin mengembangkan disiplin Ilmu Gizi. Dosen berstatus ASN mendapatkan gaji pokok 2,5 juta rupiah yang bisa terus meningkat sesuai golongan dan jabatan, belum termasuk tunjangan.

2. PNS

Kamu bisa menjadi PNS dengan bergabung BPOM dengan gaji bulanan minimal 3 jutaan rupiah. Pastikan Kamu lolos seleksi staf BPOM agar bisa mendapatkan jaminan kehidupan yang layak.

3. Ahli Gizi di klinik atau rumah sakit

Klinik atau rumah sakit membutuhkan lulusan ahli gizi yang mengelola pelayanan kesehatan masyarakat dengan gaji kisaran 3-5 juta rupiah per bulan.

4. Peneliti

Memberikan sumbangsih karya atau inovasi pangan terbaru cocok untuk Kamu yang suka riset dan tantangan baru. Menjadi peneliti di perusahaan atau lembaga pemerintah mendapatkan jaminan gaji yang cukup tinggi minimal 5 juta rupiah per bulan.

5. Spesialis Perawatan Kulit

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan Dan Perkiraan Gajinya

Menjadi spesialis perawatan kulit yang memberikan informasi kesehatan dan kecantikan pada klien atau pelanggan lewat makanan bisa menjadi profesi yang menarik. Konsultan gizi untuk kesehatan kulit yang dibutuhkan klinik perawatan kecantikan, sah-sah saja.

6. Manajer layanan makanan

Kamu bisa menjadi manajer layanan makanan di perusahaan makanan dengan gaji kisaran 5 juta rupiah ke atas tergantung kebijakan perusahaan. Peluang menjadi pengusaha layanan katering makanan sehat dengan omzet tinggi juga bisa menjadi pilihan Kamu, kok.

7. Ahli teknologi pangan

Ahli teknologi pangan dibutuhkan produsen atau perusahaan pangan modern dengan tawaran gaji pemula minimal 3 juta rupiah per bulan.

8. Ahli diet atau terapis

Menjadi ahli diet atau terapis yang memberikan menu harian pada orang yang tengah menurunkan berat badan atau menderita penyakit tertentu bisa menjadi pilihan sendiri. Ada orang-orang yang menderita penyakit enggan konsumsi obat, tetapi bisa sembuh lewat jalur makanan dari terapis.

Baca Juga:  Lulusan Farmasi Kerja Apa? Baca Contoh Prospek Kerja Farmasi Berikut!

9. Pemasaran produk gizi

Ingin bekerja sebagai staf pemasaran produk gizi di perusahaan swasta atau BUMN, kenapa tidak? Lulusan Ilmu Gizi yang menguasai bidang bisa melakukan promosi lebih meyakinkan dengan wawasan dan pengetahuan yang dimiliki. Gaji staf pemasaran produk gizi pemula minimal 3 juta rupiah per bulan.

10. Ahli madya gizi

Profesi yang melaksanakan pelayanan gizi masyarakat yang bisa melakukan praktik dengan bayaran bervariasi mulai 3,5-5 juta rupiah per bulan.

Yakin Kamu tidak ingin mendapatkan prospek kerja Ilmu Gizi yang tetap relevan dengan jaman?