Prospek Kerja Farmasi

Image: canva.com

Lulusan Farmasi Kerja Apa? Baca Contoh Prospek Kerja Farmasi Berikut!

Jurusan Farmasi merupakan pilihan kuliah untuk Kamu yang memiliki ketertarikan pada dunia obat. Tidak hanya sekadar belajar tentang struktur senyawa obat saja, Kamu akan belajar penyebab dan analisis obat. Di PTN atau PTS ternama, jurusan Farmasi memprioritaskan lulusan IPA agar bisa mengikuti mata kuliah secara kesinambungan. Prospek kerja Farmasi yang sangat luas bisa menjadi perhatian untuk Kamu yang masih bingung ambil jurusan kuliah.

Kalau Kamu mencari jurusan kuliah yang bisa memberikan tawaran gaji fantastis, sebaiknya ketahui beberapa prospek kerja Farmasi dengan perkiraan gaji berikut :

1. R & D

Tim Research and Development di perusahaan farmasi membutuhkan lulusan berkualitas seperti Kamu. Pastikan diri Kamu memiliki kualifikasi yang diinginkan perusahaan sebab gaji yang ditawarkan sekitar 4-8 juta rupiah per bulan.

2. Pengajar

Kamu bisa memilih karir sebagai pengajar di SMK Kesehatan, SMK Farmasi hingga menjadi dosen di kampus. Gaji pengajar bervariasi, tetapi dosen tetap mendapatkan tawaran gaji berjuta-juta setiap bulan.

3. ASN

Menjadi ASN yang berkarir di lembaga pemerintah, sah-sah saja. Kamu bisa menjadi staf BPOM yang membantu sertifikasi dan pengurusan legalitas produk pangan dan obat-obatan di Indonesia. Gaji ASN tergantung jabatan dengan kisaran gaji golongan I mulai 2,5 juta rupiah, belum termasuk tukin.

4. Pengusaha

Kamu bisa berkarir sebagai pengusaha yang memiliki usaha apotek dengan legalitas resmi. Omzet bulanan bisa ditentukan sendiri bila apotek Anda semakin kredibel dan laris manis.

Baca Juga:  Mau Kuliah Jurusan Ini? Ini Dia 10 Prospek Kerja Teknik Biomedis

5. Peneliti

Kamu bisa berkarir sebagai peneliti yang melakukan riset dan eksperimen di dunia obat-obatan. Bergabung di LIPI bisa menjanjikan masa depan cerah sebab Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar 6 juta rupiah.

6. Apoteker

Apoteker bisa menjadi pilihan profesi tepat asal Kamu lulus sertifikasi yang dibutuhkan. Nantinya Kamu bisa bekerja di apotek sendiri atau bergabung dengan pihak lain. Gaji apoteker di Indonesia sekitar mulai 2-7 juta rupiah per bulannya.

7. Perusahaan swasta

Kamu bisa menjadi staf perusahaan swasta, khususnya perusahaan obat atau kosmetik. Gaji yang ditawarkan sesuai dengan kualifikasi dan kesepakatan dengan perusahaan tempat bekerja.

8. Kerja di rumah sakit atau klinik

Punya skill yang khusus di bidang obat-obatan, Kamu bisa bekerja di rumah sakit atau klinik sebagai apoteker dengan gaji pemula sekitar 3 juta rupiah.

Baca Juga:  10 Mata Kuliah Yang Dipelajari Dalam Ilmu Administrasi Negara

9. Penyuluh kesehatan

Menjadi penyuluh kesehatan di lembaga pemerintah atau swasta yang berkontribusi memberikan edukasi pada masyarakat, kenapa tidak?

10. Penulis

Menjadi seorang penulis konten tentang obat-obatan bisa menjadi pilihan Kamu. Toh, Kamu tetap bisa memiliki profesi lain seperti apoteker. Jika punya kemampuan menulis yang baik, Kamu bisa mulai mengembangkan blog pribadi yang memberikan informasi edukatif. Monetize blog yang menghasilkan potensi uang jutaan rupiah dari iklan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan tiap bulan.

Yuk, segera ambil prospek kerja Farmasi untuk Kamu yang suka dengan dunia kesehatan dan obat-obatan!