Prospek Kerja Sastra Prancis

Image: canva.com

Berikut Prospek Kerja Sastra Prancis, Bagi Yang Bingung Setelah Lulus!

Jika Kamu menaruh minat yang cukup tinggi pada negara dengan ibukota Paris yang tersohor ini, maka tidak ada salahnya mengambil jurusan Sastra Prancis. Ya, Sasing merupakan salah satu jurusan kuliah yang cukup diminati untuk lulusan SMA Bahasa, IPS dan lintas jurusan IPA pun. Prospek kerja Sastra Prancis tidak main-main sebab Kamu punya peluang mendapatkan gaji cukup besar, kok.

Di Indonesia, ada beberapa universitas yang memiliki jurusan Sastra Prancis dengan passing grade standar. Kamu bisa masuk Sastra Prancis dan punya peluang mendapatkan karir cemerlang kelak yaitu :

1. Staf Kemenlu

Kamu bisa bergabung dengan Kemenlu Indonesia untuk menjadi konsulat, duta besar dan perwakilan Departemen Luar Negeri Indonesia di dunia. Gaji diplomat bervariasi mulai diplomat muda sekitar 4,5 juta sampai diplomat utama 10 juta belum termasuk tunjangan tiap bulan.

2. EO

Kamu bisa bekerja sebagai karyawan EO khusus menangani klien asing atau internasional dengan bayaran fantastis, lho! Memiliki EO international sendiri yang mempekerjakan orang lain, kenapa tidak? Pengusaha mandiri punya peluang mendapatkan omzet ratusan juta hingga milyaran rupiah.

3. Penerjemah

Gaji penerjemah Bahasa Prancis ke Indonesia atau sebaliknya bisa mencapai angka jutaan rupiah per bulan, bahkan Kamu bisa mematok harga per kata atau satu lembar hasil terjemahan.

4. Interpreter

Jika Kamu lebih suka menerjemahkan secara lisan, maka manfaatkan kemampuan bahasa dengan menjadi interpreter. Interpreter bahasa asing mendapatkan bayaran jutaan rupiah, lho!

5. Penulis konten

Pastikan Kamu punya keahlian menulis dengan baik sehingga bisa menjadi penulis konten Bahasa Prancis atau kerja sama dengan bisnis startup kekinian. Tulisan yang menjual berpeluang mendapatkan monetize jutaan, bahkan ratusan juta rupiah per bulan dari blog pribadi.

Baca Juga:  Pelajari Prospek Kerja Rekam Medis Berikut Jika Tertarik Ambil Kuliahnya

6. Pemandu wisata

Pemandu wisata asing di destinasi wisata global seperti Bali dan Lombok punya peluang yang cukup besar. Gaji pemandu wisata asing profesional bisa dihitung per hari mulai 500 ribu sampai 1 juta rupiah, lho!

7. Sastrawan

Tidak menutup kemungkinan Kamu yang suka menulis, berkarya, riset, dan kritis bakal menjadi sastrawan Bahasa Prancis. Karyamu best seller dan nongkrong di berbagai belahan dunia, siapa tahu ‘kan? Royalti dalam bentuk dollar menunggu Kamu nantinya.

8. Pengajar

Kamu bisa menjadi pengajar di kampus yang memiliki jurusan relevan dengan disiplin ilmu. Gaji dosen mencapai jutaan rupiah atau Kamu bisa menjadi pengajar di SMA yang memiliki mata pelajaran tambahan berupa Sastra Prancis.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Manajemen Perhotelan Dan Perkiraan Gajinya

9. Peneliti

Menjadi seorang peneliti budaya dan bahasa di negara aslinya, sah-sah saja. Cocok untuk Kamu yang suka traveling sekaligus belajar hal-hal baru. Penelitian Kamu bisa menjadi karya besar yang mendulang sukses, lho!

10. Pemain seni

Tetap ada prospek kerja Sastra Prancis untuk Kamu yang suka dengan dunia seni seperti musik, teater atau film. Menjadi seorang aktor yang pandai bahasa asing yang menjadi poin tambahan, kenapa tidak?

Pertimbangkan salah satu dari beberapa prospek kerja Sastra Prancis di atas, yuk!