Prospek Kerja Sastra Indonesia

Image: canva.com

Setelah Lulus Mau Apa? Berikut Pilihan Prospek Kerja Sastra Indonesia

Ilmu sastra Indonesia memiliki daya tarik tersendiri untuk terus didalami. Apalagi jika Kamu punya ketertarikan di bidang sastra juga literasi. Prospek kerja sastra Indonesia juga tergolong luas dan menjanjikan. Berikut adalah 10 pilihan profesi yang mungkin ditekuni sebagai lulusan jurusan sastra Indonesia:

1. Penulis Buku

Profesi pertama yang pasti bisa digeluti oleh lulusan sastra Indonesia adalah penulis. Kamu bisa bekerja sebagai penulis beragam jenis buku, utamanya novel. Dari profesi ini Kamu bisa dapat penghasilan besar hingga puluhan juta jika bukumu laris di pasaran.

2. Editor

Selain penulis, Kamu juga bisa bekerja sebagai editor. Tugasnya adalah menyunting beragam jenis teks atau naskah. Sebagai editor, Kamu bisa menerima uang mulai dari Rp3.000.000,00 per bulannya.

Baca Juga:  Pahami Prospek Kerja Budidaya Perairan Dan Perkiraan Gajinya

3. Content Writer

Di zaman serba digital seperti sekarang, profesi penulis juga semakin beragam jenisnya. Salah satunya adalah content writer untuk beragam jenis platform digital. Profesi ini rata-rata mendatangkan gaji mulai dari angka Rp3.000.000,00.

4. Dosen

Lulusan jurusan sastra Indonesia punya peluang besar untuk bekerja sebagai dosen. Kamu bisa langsung mengambil program master dan mendaftar jadi dosen di jurusan sastra Indonesia. Perolehan gajinya berkisar di angka Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

5. Guru

Prospek kerja sastra Indonesia berikutnya adalah guru atau tenaga pengajar. Profesi ini banyak dibutuhkan di sekolah maupun lembaga pendidikan tidak resmi. Besar gajinya rata-rata mulai dari angka Rp3.000.000,00.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Hukum Ekonomi Syariah Dan Perkiraan Gajinya

6. Jurnalis

Pilihan profesi berikutnya yang terbuka bagi lulusan sastra Indonesia adalah jurnalis. Jurnalis saat ini bisa bekerja di berbagai media, mulai dari media tulis hingga digital. Kisaran gajinya mulai dari angka Rp3.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

7. Penerjemah

Sebagai lulusan sastra Indonesia, Kamu juga bisa menggeluti profesi penerjemah. Kamu akan bekerja menerjemahkan berbagai jenis teks dari bahasa yang berbeda-beda. Agar bisa menekuni profesi ini maka Kamu juga perlu belajar bahasa asing yang lain. Perolehan gajinya bervariasi mulai dari angka Rp2.000.000,00.

8. Leksikografer

Berikutnya ada profesi leksikografer yang juga banyak digeluti oleh lulusan sastra Indonesia. Leksikografer merupakan orang yang bertugas dalam menyusun Kamus. Profesi ini memiliki pendapatan gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

Baca Juga:  Berikut Perbedaan Ekonomi Syariah Dan Ekonomi Konvensional

9. Public Relation

Ilmu dari jurusan sastra Indonesia ternyata juga bisa dijadikan bekal bekerja sebagai public relation. Kamu bisa bergabung dengan advertising agency dan bekerja sebagai PR di sana. Perolehan gajinya antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

10. PNS

Jika ingin pekerjaan dan gaji yang mapan, Kamu bisa memilih untuk jadi PNS. Tapi Kamu harus siap bersaing dengan banyak orang jika ingin menggeluti profesi ini. Gajinya mulai dari Rp3.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00 tergantung golongan dan jenis pekerjaannya.

Itulah tadi prospek kerja sastra Indonesia yang bisa menjadi motivasi untukmu. Tentukan pilihan universitas yang menawarkan jurusan ini. Pastikan Kamu berusaha yang terbaik agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas.