Cara Menentukan Masuk IPA Atau IPS

Image: canva.com

Agar Pilihannya Tepat, Ini Cara Menentukan Masuk IPA Atau IPS

SMA memiliki jurusan IPA dan IPS yang biasa ditentukan pada awal kelas XI beberapa tahun lalu. Meskipun demikian, kebijakan terbaru menentukan penjurusan IPA dan IPS pada awal masuk SMA. Sudahkah Kamu tahu cara menentukan masuk IPA atau IPS sejak awal? Hal ini sangat berkaitan dengan keinginan Kamu masuk ke jurusan IPA atau IPS, lho!

Supaya Kamu bisa masuk IPA atau IPS sesuai dengan keinginan, sebaiknya ketahui cara menentukan masuk IPA atau IPS yaitu :

1. Mempersiapkan diri sejak kelas VIII

Bila Kamu masih adaptasi saat masuk kelas VII, maka kelas VIII harus mulai memperbaiki nilai berdasarkan hasil rapor dari kelas VII tersebut. Pasalnya, kebijakan menentukan jurusan IPA dan IPS berdasarkan nilai rapor di SMP.

2. Perhatikan nilai yang diutamakan di jurusan IPA

Kamu harus memperhatikan nilai yang perlu mendapatkan hasil bagus bila ingin masuk jurusan tertentu. Untuk masuk IPA, Kamu harus punya nilai bagus di Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

3. Perhatikan nilai yang diutamakan di jurusan IPS

Sedangkan Kamu ingin masuk ke jurusan IPS, maka pastikan punya nilai bagus di Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.

4. Memahami kemampuan dan passion dalam diri

Jangan asal masuk ke jurusan tertentu tanpa memahami kemampuan dan passion dalam diri Kamu. Lebih baik pahami bakat dan minat masing-masing, misalnya Kamu lebih tertarik belajar hal berbau sains, maka wajib masuk IPA.

Baca Juga:  Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Pasca Lulus

5. Hindari mempercayai mitos anak IPA dan IPS

Anak IPA selalu dianggap lebih unggul dengan kepribadian disiplin dan cerdas, sedangkan anak IPS sebaliknya. Jangan asal percaya sebab ada banyak anak IPS yang tidak kalah berprestasi karena mereka memang suka dengan ilmu sosial dan humaniora.

6. Perhatikan rencana cita-cita atau jurusan kuliah Kamu

Kamu wajib memperhatikan rencana cita-cita jangka panjang, misalnya Kamu ingin menjadi insinyur dari Fakultas Teknik, maka wajib berasal dari IPA, begitu pula Kamu yang bercita-cita menjadi pengacara atau profesi lain dari soshum, maka masuklah ke IPS.

7. Diskusi dengan orangtua lebih dulu

Orangtua juga berperan dalam membantu Kamu memilih jurusan yang tepat dengan pertimbangan tertentu.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Mending IPA Atau IPS Saat Milih Jurusan SMA

8. Bertanya pada senior atau guru

Tanya pada senior atau guru dalam melihat nilai rapor dan potensi akademik dalam diri agar bisa memilih jurusan yang tepat.

9. Memegang prinsip dalam diri

Jangan mudah tergoda dengan ajakan teman hingga akhirnya Kamu menyesal sebab tidak punya prinsip dalam diri.

10. Mengajukan pindah jurusan

Saat masuk ke SMA, nama Kamu akan langsung masuk ke dalam daftar penjurusan di kelas X. Bila Kamu merasa salah jurusan, ajukan perpindahan jurusan pada guru di SMA dengan memberikan alasan yang kuat.

Dari berbagai cara menentukan masuk IPA atau IPS di atas bisa menjadi referensi Kamu yang galau menentukan jurusan di SMA, ya!