Peluang Kerja Jurusan Tata Boga

Image: canva.com

Agar Makin Yakin, Berikut Peluang Kerja Jurusan Tata Boga SMK

Tidak hanya sekadar menciptakan masakan saja, tetapi jurusan Tata Boga mempelajari cara menyajikan makanan yang estetik dengan kualitas rasa. Kebutuhan gizi juga menjadi aspek penting yang dipelajari dalam dunia memasak ini. Bila Kamu tertarik pada kuliner, bisa mencoba masuk jurusan Tata Boga di SMK. Peluang kerja jurusan Tata Boga SMK sangat luas untuk Kamu yang lebih suka terjun langsung ke dunia industri kelak.

Agar Kamu bisa lebih yakin masuk ke Tata Boga, simak beberapa peluang kerja jurusan Tata Boga SMK dengan perkiraan gaji besar berikut :

1. Chef

Kamu bisa menjadi chef di restoran, kafe, home catering, dan lain-lain. Tentu Kamu perlu wawasan yang luas, profesionalisme, keahlian memasak, pengalaman bertahun-tahun, dan etika yang bagus agar bisa menjadi chef profesional.

2. Baker

Kamu juga bisa bekerja sebagai baker di industri roti atau cake shop dengan bayaran yang menarik. Baker profesional bisa memiliki bisnis roti tersendiri yang menawarkan omset jutaan rupiah per bulan.

3. Barista

Ilmu membuat dan menyajikan minuman di SMK Tata Boga bisa menjadi bekal untuk Kamu bekerja sebagai barista. Barista dibayar lebih besar dari UMR mengingat kemampuan andal menciptakan minuman dengan rasa yang pas.

4. Manajer pelayanan konsumen

Kamu juga punya peluang bekerja sebagai manajer pelayanan konsumen dalam hal penyajian makanan dan minuman di restoran atau kafe ternama.

5. Wirausaha

Cocok untuk Kamu yang ingin mengembangkan inovasi, eksplorasi dan kreativitas dalam dunia kuliner dengan modal keahlian di SMK, ya! Kamu bisa membuka usaha sendiri di bidang makanan atau minuman, misalnya menciptakan bisnis catering rumahan. Berawal dari modal kecil pun, Kamu bisa menjadi wirausaha kuliner terkenal kelak.

Baca Juga:  Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Pasca Lulus

6. Dosen

Kamu bisa memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan mengambil jurusan linear agar bisa menjadi dosen atau tenaga pendidik. Rata-rata gaji tenaga pengajar yang berstatus PNS di Indonesia memiliki gaji stabil jutaan rupiah per bulan.

7. Penulis

Menjadi penulis resep makanan, dunia kuliner atau blogger yang suka menuliskan hal-hal tentang kuliner, kenapa tidak? Selain Kamu menguasai berbagai hal tentang makanan, sejarah, wawasan dan pengetahuan kuliner, pastikan Kamu punya keahlian menulis yang baik.

8. Presenter atau jurnalis

Kamu juga bisa memilih karir sebagai presenter atau jurnalis kuliner sebab punya wawasan di bidang kuliner dan kemampuan komunikasi yang baik. Jangan heran bila banyak profesi sebagai konten kreator di bidang kuliner tetap membutuhkan kemahiran Kamu yang didapat di jurusan Tata Boga.

Baca Juga:  Bagi Yang Masih Bingung, Ini Dia Alasan Memilih Jurusan RPL

Peluang kerja jurusan Tata Boga SMK sangat banyak di lapangan sebab banyak instansi butuh juru masak, kafe dan restoran. Kamu juga bisa membuka usaha mandiri dengan peluang omset besar seiring kemampuan memasak dan pemasaran dunia kuliner yang lebih inovatif.