Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Image: canva.com

Saat Lulus Kerja Apa? Ini 10 Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea

Sastra internasional menjadi salah satu bidang ilmu yang sangat direkomendasikan. Salah satunya adalah sastra Korea yang cocok bagi pecinta budaya sekaligus negara Korea. Prospek kerja jurusan ini juga terbuka lebar bagimu setelah lulus nanti. Berikut ialah prospek kerja jurusan bahasa Korea yang bisa dijadikan referensi:

1. Penerjemah

Pilihan profesi pertama yang sudah pasti bisa Kamu tekuni adalah penerjemah. Kamu bisa jadi penerjemah bahasa Korea untuk berbagai keperluan. Profesi ini juga bisa dijalani secara freelance maupun bergabung di perusahaan dengan penghasilan mulai dari Rp3.000.000,00.

2. Guru atau Tutor

Kamu bisa bekerja sebagai guru atau tutor bahasa Korea. Profesi ini cocok sekali jika Kamu punya bakat dan ketertarikan dalam mengajar. Kamu bisa bekerja di sekolah maupun lembaga kursus bahasa Korea. Perolehan gajinya mulai dari angka Rp3.000.000,00.

Baca Juga:  Ada Keraguan? Ini Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

3. Interpreter

Masih berhubungan dengan profesi penerjemah, Kamu juga bisa menjadi seorang interpreter. Interpreter merupakan penerjemah yang memberikan terjemahan secara lisan. Profesi ini sangat menarik karena Kamu punya peluang besar menjadi interpreter artis-artis K-Pop dengan perolehan gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

4. Jurnalis

Lulusan jurusan bahasa Korea juga bisa bekerja sebagai jurnalis. Profesi ini menuntut kemahiranmu membuat tulisan juga laporan berita. Bahkan saat ini banyak juga dibutuhkan jurnalis freelance yang bekerja sama dengan media Korea Selatan. Gajinya mulai dari angka Rp4.000.000,00.

5. Dosen

Jika ingin menjadi pengajar di tingkat yang lebih tinggi, Kamu bisa mengejar cita-cita jadi dosen. Setelah selesai tahap sarjana, langsung saja belajar di tingkat master. Jika sudah lulus, Kamu bisa melamar jadi dosen di universitas dengan jurusan bahasa Korea. Gaji dosen berkisar di angka Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

Baca Juga:  Berikut Referensi Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Pasca Lulus

6. Tour Guide

Salah satu prospek kerja jurusan bahasa Korea yang juga bisa Kamu pilih adalah tour guide. Menguasai bahasa Korea akan membukakan peluang bagimu untuk menjadi pemandu wisata bagi turis asal Korea. Gajinya bervariasi, bisa mulai dari Rp500.000,00 per klien ditambah tip.

7. Penulis Konten

Kamu juga bisa memilih menekuni profesi sebagai penulis konten. Saat ini ada banyak media yang membutuhkan profesi tersebut. Kamu bisa juga jadi penulis konten di media Korea Selatan dengan gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

8. Bekerja di Perusahaan Korea

Pilihan profesi berikutnya adalah menjadi karyawan di perusahaan Korea. Peluangmu untuk jalan-jalan ke Korea juga jadi lebih besar dari pilihan profesi ini. Gajinya berkisar di angka Rp4.000.000,00.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Aktuaria Dan Perkiraan Gajinya Sebagai Referensi

9. Pengusaha

Jika tak ingin cari kerja, langsung saja jadi pengusaha. Kamu bisa memulai usaha yang berhubungan dengan kemampuanmu memakai bahasa Korea. Jumlah penghasilanmu juga bisa begitu besar jika usahamu lancar jaya.

10. Leksikografer

Profesi yang satu ini tergolong unik dan menarik. Leksikografer merupakan orang yang memiliki kompetensi secara teknis dalam menyusun Kamus. Lulus dari jurusan bahasa Korea Kamu bisa menekuni profesi ini dengan peluang gaji mulai dari Rp3.000.000,00.

Itulah tadi prospek kerja jurusan Bahasa Korea yang bisa dijadikan pilihan. Semoga informasi ini bisa memberikan inspirasi dan jadi motivasi untukmu!