Kelebihan SMA

Image: canva.com

Keunggulan Atau Kelebihan SMA Dibandingkan Sekolah Kejuruan

Program wajib belajar 12 tahun masih digalakkan pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas. Bila Kamu punya cita-cita ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, maka pertimbangkan masuk ke SMA saja. Ada beberapa keunggulan atau kelebihan SMA dibandingkan sekolah kejuruan yang bisa Kamu jadikan referensi.

Sebelum terlanjur mendaftarkan diri, berikut beberapa kelebihan SMA yang perlu Kamu perhatikan yaitu :

1. Punya kesempatan mempelajari lebih banyak teori

Alasan masuk SMA sebab Kamu punya kesempatan mempelajari lebih banyak teori lebih detail. Bila Kamu ingin lanjut kuliah, maka pemahaman teori di SMA sangat penting nantinya.

2. Materi yang dipelajari lebih luas

Hal ini sesuai dengan jurusan yang Kamu pilih di SMA, misalnya jurusan IPA yang akan membuat Kamu belajar materi lebih luas seperti Fisika, Kimia dan Biologi.

Baca Juga:  Sebelum Pilih SMK, Pastikan Kamu Tau 10 Kekurangan SMK Ini!

3. Bisa menentukan minat lebih awal

Kamu akan belajar lebih fokus pada materi yang paling disukai, misalnya Fisika. Kamu bisa memilih mau lanjut kuliah di jurusan Fisika Murni atau Fisika Terapan nantinya.

4. Bisa belajar lebih disiplin

Kamu bisa mulai belajar lebih disiplin dalam membagi waktu antara kegiatan dan mengerjakan tugas. Ada banyak tugas dan pekerjaan rumah sehingga Kamu sudah terbiasa mengerjakan tepat waktu.

5. Punya lebih banyak waktu untuk ekstrakurikuler dan organisasi

Alasan memilih SMA sebab Kamu punya jadwal belajar lebih pendek dengan praktik yang tidak sepanjang anak SMK. Kamu bisa lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang bisa meningkatkan kreativitas.

Baca Juga:  Kamu Bingung Mau Pilih SMA Atau SMK? Ini 10 Pertimbangannya

6. Potensi pengembangan akademik lebih unggul

Kamu tidak disiapkan untuk lulusan yang siap kerja sehingga bisa mengembangkan potensi akademik lebih unggul, misalnya ikut berbagai perlombaan akademik.

7. Suasana belajar yang lebih seru bersama teman

Punya banyak waktu untuk belajar atau bermain dengan teman tanpa memikirkan magang atau program praktik kerja lapangan, Kamu bisa memilih sekolah di SMA saja.

8. Potensi penerimaan PTN lebih tinggi

Meski anak SMK bisa memilih kuliah, tetapi fakta di lapangan menunjukkan potensi penerimaan PTN lebih tinggi untuk SMA.

9. Masih punya peluang lintas jurusan

Ada beberapa jurusan yang memang tidak boleh lintas jurusan sesuai ketentuan PTN, misalnya Kedokteran atau program Saintek lain, tapi anak IPA masih leluasa bisa masuk jurusan di rumpun Soshum.

Baca Juga:  Lanjut Sekolah? Coba Pahami 10 Alasan Memilih Sekolah Negeri

10. Biaya sekolah lebih murah

Alasan memilih SMA sebab masih unggul dari segi biaya yang lebih ringan meski tidak bisa menjadi patokan secara umum. Mengingat ada banyak biaya untuk praktik, SMK biasanya lebih mahal dibandingkan SMA Negeri.

Pertimbangan memilih sekolah dengan memperhatikan poin kelebihan SMA di atas bisa menjadi referensi Kamu yang masih galau mau lanjut ke mana, ya! Pastikan Kamu memang memiliki minat belajar akademik bila melanjutkan di SMA alih-alih SMK yang menyiapkan lulusan siap kerja.