Tugas Sekretaris OSIS

Image: canva.com

Jadi Sekretaris OSIS? Berikut Ini Ada 10 Tugas Sekretaris OSIS

Sekretaris OSIS merupakan pengurus inti yang berperan membantu tugas ketua OSIS dalam menjalankan program kerja. Biasanya sekretaris umum akan dibantu asisten sekretaris atau acap disebut sekretaris II. Kamu yang punya karakter teliti, rapi dan suka menulis, maka wajib tahu tugas sekretaris OSIS ini.

Bila Kamu memang terpilih menjadi kandidat sekretaris OSIS periode ini, maka pastikan tahu contoh tugas sekretaris OSIS berikut :

1. Memberi saran atas kebijakan ketua OSIS

Sekretaris berperan penting dalam memberikan saran dan masukan atas kebijakan yang diambil oleh ketua OSIS.

2. Mempersiapkan ruangan rapat OSIS dengan baik

Sekretaris bersama pengurus lain bertugas menyiapkan laporan rapat OSIS dibawah pengawasan ketua OSIS.

Baca Juga:  Berikut Ini Contoh Kumpulan Visi Dan Misi Calon Anggota MPK

3. Menjadi notulen rapat OSIS

Sekretaris wajib menjadi notulen selama rapat OSIS agar bisa dibuat catatan dan laporan penting.

4. Membuat laporan rapat OSIS

Laporan rapat OSIS harus dirangkum dengan baik agar bisa dilakukan evaluasi bersama.

5. Mengurus segala kegiatan administrasi OSIS

Tugas sekretaris adalah mengurus segala kegiatan administrasi OSIS yang berkepentingan, termasuk pencatatan data seluruh pengurus OSIS terkait. Tidak heran bila sekretaris acap wara-wiri saat menyusun laporan atau meminta tanda tangan dari pihak-pihak yang bersangkutan untuk kepentingan data administrasi ini.

6. Menyusun struktur organisasi OSIS

Sekretaris harus punya kinerja yang cekatan dalam menyusun struktur organisasi OSIS dari jabatan tertinggi Ketua OSIS hingga pengurus setiap seksi bidang terkait dibawah bimbingan Pembina OSIS.

Baca Juga:  Berikut Ini Contoh Visi Misi Sekretaris OSIS Sebagai Referensi

7. Menata dokumen penting OSIS

Dokumen penting OSIS harus ditata rapi baik dokumen fisik atau digital yang sesuai perkembangan zaman untuk memudahkan pencarian. Sekretaris bertanggung jawab atas keamanan dokumen-dokumen ini. Bagian kearsipan surat merupakan tugas yang vital sehingga sekretaris OSIS dituntut memiliki ketelitian yang tinggi.

8. Melakukan inventarisasi surat masuk keluar OSIS

Tidak hanya surat internal di OSIS, surat internal ke organisasi lain di sekolah, termasuk surat menyurat dengan pihak eksternal di luar sekolah.

9. Membantu penyusunan program kerja seksi bidang OSIS

Sekretaris I dan II membantu melakukan penyusunan program kerja setiap seksi bidang serta membantu ketua dan wakil OSIS dalam mengkoordinasikan setiap sekbid terkait.

Baca Juga:  Berikut Contoh Program Kerja Bendahara OSIS SMP, SMA, SMK

10. Membantu ketua OSIS membuat laporan pertanggungjawaban

Tugas sekretaris juga membantu ketua OSIS dalam menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja OSIS selama masa periode tersebut.

Kini Kamu tahu tugas sekretaris OSIS secara umum agar bisa melaksanakan peran dan tanggung jawab dengan baik. Perekrutan sekretaris OSIS melalui tahap seleksi yang ketat agar bisa mencari kandidat yang punya sikap teliti, rapi dan cekatan. Kemahiran menulis yang bagus baik tulisan konvensional dan digital juga menjadi perhatian utama calon sekretaris OSIS. Pasalnya, Kamu harus siap menulis dan membuat laporan kegiatan atau hasil rapat dengan baik, ya!