Pertanyaan Untuk Calon Ketua OSIS

Image: canva.com

Pingin Jadi Ketua OSIS? Ini Pertanyaan Untuk Calon Ketua OSIS

Menjadi ketua OSIS merupakan kebanggaan tertinggi bagi siswa atau siswi di jenjang SMP dan SMA untuk mengembangkan kreativitas dalam diri. Tidak hanya bisa meningkatkan prestise saja, tetapi Kamu akan mendapatkan banyak wawasan, relasi dan pengalaman baru. Ada berbagai macam tes untuk mengetahui kapasitas Kamu sebagai calon ketua OSIS terkuat. Pastikan Kamu mampu memberikan jawaban memuaskan untuk sederet pertanyaan untuk calon ketua OSIS, ya!

Bila Kamu memiliki rencana menjadi calon ketua OSIS pada periode depan, maka pastikan punya persiapan mengikuti seleksi yang ketat. Kamu wajib tahu pertanyaan untuk calon ketua OSIS termasuk menyiapkan jawaban yang bagus sebagai berikut :

1. Bagaimana pendapatmu tentang pentingnya sebuah organisasi?

Kamu bisa memberikan jawaban tentang sudut pandang tentang OSIS, definisi dan pentingnya organisasi sebagai wadah kreativitas dan menampung semua aspirasi siswa dan siswi.

2. Seberapa penting jabatan ketua OSIS menurutmu?

Pertanyaan untuk mengetahui pandanganmu tentang jabatan ketua OSIS, tugas dan tanggung jawab yang akan diemban.

3. Apa alasan dan motivasimu ingin menjadi ketua OSIS?

Pertanyaan yang sangat umum untuk tahu motivasi Kamu menginginkan jabatan ketua OSIS, misalnya Kamu ingin meningkatkan potensi diri dan membawa perubahan baik organisasi untuk kepentingan bersama.

4. Apakah Kamu yakin akan terpilih menjadi ketua OSIS?

Pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui kepercayaan diri Kamu, maka pastikan memberikan jawaban meyakinkan bahwa Kamu punya kompetensi, visi dan misi yang membangun serta kemampuan untuk memimpin anggota.

5. Apa program Kamu sebagai calon ketua OSIS tahun ini?

Baca Juga:  Beberapa Contoh Tema MPLS SMA Yang Bisa Kamu Terapkan

Kamu bisa memberikan contoh program yang sesuai dengan visi dan misi ketua OSIS, ya! Contoh program yang segar atau berbeda bisa memberikan penilaian tersendiri, asal menyesuaikan dengan kondisi dan visi misi sekolahmu.

6. Bagaimana tindakanmu bila ada pengurus OSIS yang mangkir?

Kamu bisa memberikan jawaban bahwa keutuhan organisasi lebih penting dari kepentingan pribadi sehingga perlu pemberian sanksi yang tegas pada pengurus yang lalai dari tugas dan tanggungjawab.

7. Bagaimana cara Kamu menghadapi hambatan melakukan tugas OSIS?

Pertanyaan untuk mengetahui kapasitas Kamu dalam menyelesaikan masalah, menentukan kebijakan dan mengambil mufakat dari musyawarah bersama.

8. Apa yang Kamu lakukan bila ada konflik internal dalam OSIS?

Baca Juga:  Mau Ikut Ekskul Paskibar? Ini Contoh Kumpulan Visi Misi Paskibra

Pertengkaran atau silang pendapat dalam rapat OSIS merupakan hal yang wajar, termasuk masalah internal antar pengurus. Pastikan Kamu bisa memberikan solusi pemecahan masalah yang adil sesuai dengan prinsip demokrasi dalam organisasi.

9. Apa yang Kamu lakukan untuk meningkatkan nama baik sekolah?

Bagaimanapun OSIS adalah organisasi di sekolah yang turut membantu meningkatkan kemajuan program sekolah, nama baik dan promosi.

10. Apa kekurangan dan kelebihan dalam dirimu?

Pertanyaan untuk mengetahui potensi dan kepribadian diri Kamu, termasuk upaya Kamu untuk mengatasi kekurangan dalam diri tersebut.

Pertanyaan untuk calon ketua OSIS yang bersifat umum di atas sering diberikan pada sesi wawancara. Menyiapkan diri untuk memiliki jawaban yang bagus sangat penting, termasuk Kamu harus belajar public speaking yang baik, ya!