Program Kerja Ketua OSIS

Image: canva.com

Contoh Program Kerja Ketua OSIS Sebagai Bahan Pertimbangan

Menjadi Ketua OSIS merupakan salah satu prestasi terbaik yang bisa memberikan pengalaman untuk Kamu saat belajar di bangku SMP atau SMA. Kamu yang terpilih menjadi ketua pasti memiliki kemampuan di atas rata-rata dibandingkan pesaing lain. Dalam proses perekrutan, Kamu bisa menjalani tes tertulis, penyampaian visi misi, wawancara, dan rencana program kerja Ketua OSIS yang baik. Ketua OSIS merupakan bekal utama untuk Kamu belajar disiplin dan melatih kepemimpinan sejak usia dini, ya!

Saat Kamu mengikuti proses perekrutan dan ingin menyampaikan rencana program Ketua OSIS, maka bisa mencoba memberikan beberapa contoh program kerja OSIS yang bagus berikut :

1. Memimpin organisasi dengan baik

Program kerja utama Ketua OSIS adalah memimpin organisasi agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik sebagai organisasi penting di sekolah. Kinerja yang buruk tentu harus menjadi evaluasi dan perhatian Kamu sebagai pemimpin yang wajib melakukan perbaikan demi kepentingan bersama.

2. Memimpin setiap rapat program kerja OSIS

Bersama dengan sekretaris, Kamu harus melakukan agenda rapat program kerja dengan baik. Bila tidak bisa memimpin atau berhalangan hadir dalam rapat tertentu, wakil ketua OSIS akan menggantikan Kamu.

3. Melakukan koordinasi seluruh pengurus OSIS

Kinerja seluruh pengurus OSIS harus diawasi dengan baik dan koordinasi berada di tangan sang ketua.

4. Menetapkan kebijakan yang melibatkan seluruh pengurus OSIS

Kebijakan yang berkaitan dalam pelaksanaan program kerja OSIS harus mendengarkan aspirasi dan pendapat dari seluruh pengurus OSIS.

5. Mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama

Menjadi program kerja rutin dalam setiap rapat untuk mengambil keputusan berdasarkan mufakat seluruh pengurus OSIS.

Baca Juga:  Jadi Panitia MPLS? Ini Contoh Tema MPLS Yang Yang Menarik

6. Memantau kinerja pengurus OSIS

Ketua OSIS harus memantau kinerja pengurus OSIS secara keseluruhan, khususnya pengurus inti dan kepala setiap sekbid.

7. Meningkatkan hubungan yang baik dengan OSIS dari sekolah lain

Kerja sama dengan OSIS dari sekolah lain bisa menjaga hubungan baik, termasuk rencana melakukan program bersama seperti studi banding.

8. Menerima kritik dan saran demi kepentingan organisasi

Ketua OSIS wajib menerima kritik dan saran, bisa menampung aspirasi dari seluruh siswa demi kepentingan organisasi dan sekolah.

9. Mengevaluasi pelaksanaan program kerja OSIS

Evaluasi berkala harus dilakukan agar program kerja OSIS selanjutnya bisa berjalan lancar sesuai rencana program yang sudah disusun jauh hari.

Baca Juga:  Jadi Sekretaris OSIS? Berikut Ini Ada 10 Tugas Sekretaris OSIS

10. Menyusun laporan pertanggungjawaban OSIS pada akhir periode jabatan

Sebagai pemimpin yang bertanggungjawab dengan kinerja dan program dalam satu periode, Kamu harus membuat laporan pertanggungjawaban OSIS dengan bantuan pengurus lain, termasuk bantuan dari Pembina OSIS.

Kini Kamu sudah tahu mengenai contoh program kerja Ketua OSIS yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan OSIS di sekolah. Menjadi Ketua OSIS yang kredibel dan profesional bisa menjadi batu loncatan untuk Kamu berorganisasi di tingkatan lebih tinggi atau terjun langsung ke masyarakat kelak.