Tugas PMR

Image: canva.com

10 Tugas PMR Yang Perlu Kamu Tau Sebelum Ikut Ekskul Ini

PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler yang diminati siswa atau siswi di lingkungan SD sebagai PMR pemula hingga tingkatan SMA yang lebih kompleks. Untuk PMR di SMA/Sederajat dikenal dengan nama PMR Wira yang memiliki tugas lebih banyak dibandingkan PMR Madya setingkat SMP. Kamu yang berencana masuk ke ekstrakurikuler ini, wajib tahu beberapa tugas PMR yang bisa mendukung kemampuan menolong diri sendiri, orang lain dan melatih kepemimpinan sejak dini.

Bila Kamu memutuskan untuk menjadi anggota PMR di sekolah nanti, maka simak beberapa tugas PMR tingkat Wira sebagai berikut:

1. Memberikan pertolongan pertama

Tugas anggota PMR adalah melakukan pertolongan pertama pada orang lain yang mengalami masalah kesehatan di lingkungan sekolah.

2. Mengadakan kegiatan sosial rutin

Kegiatan sosial yang masuk dalam agenda rutin PMR seperti kunjungan ke panti sosial, kegiatan membantu tenaga medis di puskesmas atau polindes dan lain-lain.

3. Mengadakan donor darah

Kegiatan donor darah merupakan agenda rutin yang dilakukan PMR bekerja sama dengan PMI daerah setiap 2-3 bulan sekali di lingkungan sekolah.

4. Menjaga UKS

Mengurus dan menjaga UKS merupakan tugas anggota PMR yang sudah diatur dalam struktur kepengurusan PMR.

5. Menggalang dana kemanusiaan

Pengurus PMR wajib melakukan kegiatan menggalang dana kemanusiaan yang rutin dilakukan setiap hari tertentu seminggu sekali.

6. Mengajak siswa lain mulai hidup sehat

Baca Juga:  Apa Ya Alasan Masuk Rohis? Coba Pahami 10 Alasan Berikut

Menerapkan pola hidup sehat dimulai dari diri sendiri, kemudian menularkan ilmu keterampilan hidup sehat pada orang lain di sekolah menjadi tugas yang mulia.

7. Siaga terhadap bencana

Anggota PMR harus selalu siaga terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja di lingkungan sekolah atau luar sekolah. Tanggap bencana menjadi materi penting di PMR, termasuk Kamu memiliki keterampilan siaga bencana dengan persiapan dan skill yang matang.

8. Menjaga kesehatan lingkungan sekolah

Menjaga kesehatan lingkungan sekolah yang senantiasa bersih merupakan tugas penting yang perlu diterapkan oleh anggota PMR.

9. Menjaga hubungan baik dengan pengurus PMR Wira sekolah lain

Tugas lain anggota PMR adalah menjaga hubungan baik dengan pengurus PMR Wira di sekolah lain, termasuk menjalin kerja sama dalam menjaga kesehatan lingkungan. Kegiatan seminar, pelatihan atau workshop kesehatan yang dilakukan bersama atau mengundang tim PMR sekolah lain menjadi salah satu agenda rutin PMR.

Baca Juga:  Beberapa Pertanyaan Untuk Calon Ketua Ekskul Untuk Referensi

10. Siap menjadi relawan aksi sosial

Kamu yang bergabung menjadi anggota PMR siap menjadi relawan aksi sosial di lingkungan sekitar atau bantuan untuk aksi kemanusiaan di daerah.

Dari beberapa tugas PMR di atas, Kamu akan semakin matang dalam memiliki sikap kepemimpinan, organisasi, menolong orang lain, dan sosialis tinggi. Manfaat sikap yang terbentuk sejak dini akan memberikan bekal untuk masa depan Kamu setelah terjun langsung ke masyarakat kelak.