Jurusan SMK yang mudah dapat kerja

Image: canva.com

Apa Saja Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan?

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan pilihan sekolah tingkat atas yang memberikan keahlian tertentu. Tidak heran bila banyak lulusan SMP yang memilih masuk ke SMK dengan alasan ingin memiliki keterampilan selepas lulus nanti. Pasalnya, tidak semua anak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sehingga memilih terjun langsung ke dunia kerja. Bila Kamu ingin langsung kerja, sebaiknya ketahui jurusan SMK yang mudah dapat kerja ini.

Buat Kamu yang bingung memilih jurusan SMK paling relevan dengan perkembangan zaman, maka simak rekomendasi jurusan SMK yang mudah dapat kerja di era digital sebagai berikut :

1. TKJ

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi komputer internal di perusahaan yang menawarkan gaji cukup besar.

2. Administrasi Perkantoran atau OTKP

Staf administrasi di toko menengah ke bawah pun selalu dibutuhkan sehingga Kamu bisa langsung bekerja setelah lulus nanti. Apalagi Kamu pandai mengetik, disiplin dan teliti dalam membuat penjadwalan, surat menyurat, dan kebutuhan administrasi lainnya.

3. Akuntansi

Lulusan Akuntansi yang terampil masih dibutuhkan untuk bekerja di berbagai perusahaan mulai kecil hingga bonafit. Tentu dukungan software akuntansi memudahkan para lulusan dalam melakukan pembukuan nantinya.

4. Rekayasa Perangkat Lunak

Kamu punya peluang bekerja sebagai pengembang software, IT analyst, desainer web, programmer, dan lain-lain.

5. Desain Grafis atau Multimedia

Memiliki minat di bidang seni yang didukung kecanggihan teknologi, maka Kamu wajib memilih jurusan Desain Grafis. Kamu punya peluang bekerja di percetakan, penerbitan, media digital, dan lain-lain yang membutuhkan keahlian membuat iklan, editing video, fotografi, dan sebagainya.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Mending IPA Atau IPS Saat Milih Jurusan SMA

6. Tata Boga

Era digital tetap membutuhkan lulusan tata boga yang bisa berpikir kreatif dan out of the box. Kamu bisa mengembangkan bisnis makanan atau kuliner sendiri, kemudian melakukan promosi lewat media sosial kekinian.

7. Tata Rias

Ingin menjadi MUA ternama, Kamu bisa memilih tata rias yang tetap punya peluang tinggi di pasaran. Di era digital, hasil karya bisa dipajang di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak penjualan jasa. Selain itu, Kamu juga bisa bekerja di salon kecantikan yang masih diminati banyak orang sampai kapan pun.

8. Tata Busana

Tempat usaha seperti konveksi masih membutuhkan banyak lulusan tata busana yang terampil. Kamu bisa langsung bekerja setelah lulus mengingat industri fashion merupakan salah satu bisnis yang terus berkembang dewasa ini.

Baca Juga:  Bingung Memilih Jurusan, Ini Dia 10 Alasan Memilih Jurusan OTKP

9. Bisnis Daring dan Pemasaran

Jurusan yang paling banyak menawarkan prospek kerja di lapangan mengingat jasa penjualan dan pemasaran yang terus dibutuhkan pelaku usaha.

10. Mesin atau Otomotif

Jurusan SMK yang digandrungi kaum Adam dan masih memiliki prospek cerah di lapangan mengingat semua orang memiliki kendaraan pribadi sekarang ini. Kebutuhan jasa atau teknisi berpengalaman di bengkel masih cukup tinggi, bahkan Kamu bisa menawarkan jasa perbaikan online yang tengah tren dikalangan millenial.

Beberapa pilihan jurusan SMK yang mudah dapat kerja di atas bisa menjadi referensi Kamu yang hendak melanjutkan ke sekolah vokasi ini, ya!