Susunan Acara Pembukaan MPLS

Image: canva.com

Butuh Panduan Susunan Acara Pembukaan MPLS? Ini Infonya

MPLS menjadi sebuah program penting bagi para siswa baru. Melalui program ini, siswa bisa mengenal lingkungan sekolahnya dengan baik. Jika Kamu akan mengambil peran sebagai panitia MPLS, maka siapkan susunan acaranya sebaik mungkin. Kali ini akan dibahas contoh susunan acara pembukaan MPLS yang bisa diterapkan.

1. Persiapan Peserta

Tahap pertama bisa berupa persiapan untuk para peserta. Biasanya MPLS merupakan program yang dibuat dengan peraturan ketat. Penyelenggaraan MPLS sendiri biasanya diikuti dengan aturan yang lengkap. Jadi peserta yang akan mengikuti MPLS harus dipersiapkan sebaik mungkin agar bisa mengikuti program tersebut dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

2. Upacara

Susunan acara pembukaan MPLS berikutnya adalah upacara. Biasanya kegiatan MPLS akan dimulai dengan upacara. Upacara ini dikenal juga sebagai sesi pembukaan sebelum dilanjutkan ke rangkaian lain dari acara MPLS. Panitia akan membantu para peserta MPLS untuk siap di posisi masing-masing saat upacara akan dimulai.

Baca Juga:  Jadi Sekretaris OSIS? Berikut Ini Ada 10 Tugas Sekretaris OSIS

3. Sambutan Ketua Panitia

Masuk ke acara MPLS, biasanya akan dimulai dengan sambutan dari ketua panitia. Ketua panitia ini biasanya dipilih dari pengurus OSIS yang mengurusi acara MPLS tersebut. Di sini ketua panitia juga bisa menjelaskan tentang rangkaian acara MPLS secara singkat dan lengkap. Bisa juga diberikan kata-kata motivasi agar para peserta MPLS semangat menjalani rangkaian acara.

4. Sambutan Kepala Sekolah

Setelah ketua panitia, lanjut giliran kepala sekolah yang memberikan sambutan. Sambutan kepala sekolah ini sama pentingnya dengan sambutan dari ketua kelas tadi. Kepala sekolah juga biasanya akan menyampaikan dukungan penuh terhadap program MPLS agar bisa berjalan lancar. Tidak lupa, kepala sekolah juga akan menyampaikan ucapan selamat datang kepada para siswa baru.

Baca Juga:  Akan Jadi Pengusus OSIS? Ini Dia Contoh Program Kerja OSIS

5. Pemasangan Atribut

Biasanya program MPLS memang menggunakan atribut khusus yang harus dikenakan oleh para siswa. Atribut ini menjadi sebuah simbol yang menandakan bahwa siswa-siswa tersebut masih harus menjalani kegiatan MPLS. Pemasangan atribut ini akan dilakukan secara simbolis oleh kepala sekolah. Biasanya akan ada dua orang siswa, putra dan putri yang diminta untuk maju dan dipasangi atribut.

6. Penutup

Acara pembukaan MPLS ini akan diakhiri dengan sesi penutup. Jika sudah masuk ke bagian penutup, maka dinyatakan bahwa program MPLS sah bisa dimulai. Para siswa sudah masuk ke rangkaian program MPLS yang sesungguhnya. Proses penutupannya sama saja seperti penutupan upacara seperti biasa. Jika ada proses simbolis untuk menutup acara ini, maka tergantung pihak panitia dan sekolah.

Baca Juga:  Contoh Program Kerja OSIS Bidang Politik Dan Kepemimpinan

Seperti itulah susunan acara pembukaan MPLS yang bisa dijadikan inspirasi. Pastikan untuk tetap menyesuaikan dengan tema atau konsep acara yang akan diselenggarakan. Acara pembukaan ini juga sebaiknya dibuat singkat saja tidak perlu terlalu lama agar peserta tidak bosan. Lebih difokuskan saja pada acara inti dari program MPLS yang biasanya terdiri dari banyak rangkaian.