Mata Pelajaran IPA

Image: canva.com

Sebelum Pilih IPA, Pahami Dulu Mata Pelajaran IPA Di SMA

Bagi Kamu yang tertarik untuk masuk ke jurusan IPA di SMA, maka penting sekali mengenali apa saja jenis mata pelajaran yang akan dipelajari. Mata pelajaran IPA di SMA memang sangat beragam jenisnya dan harus dikuasai satu per satu dengan baik. Berikut adalah deretan jenis pelajaran yang harus Kamu pelajari di jurusan IPA:

1. Matematika

Mata pelajaran ini memang selalu ada baik di jurusan IPA maupun IPS. Matematika merupakan bidang pelajaran yang akan mengasah keterampilanmu dalam berhitung. Di dalamnya ada banyak topik yang harus dipelajari seperti fungsi kuadrat, trigonometri, persamaan garis lurus, dan lain sebagainya. Pelajaran ini kerap dijadikan sebagai momok bagi para siswa di jurusan IPA.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Mending IPA Atau IPS Saat Milih Jurusan SMA

2. Fisika

Berikutnya ada pelajaran Fisika yang konon katanya dinilai jauh lebih sulit daripada pelajaran Matematika. Mata pelajaran ini mempelajari dasar-dasar pembentukan alam dan gaya yang berpengaruh di dalamnya. Banyak sekali jenis rumus yang harus dipahami di mata pelajaran ini. Kamu juga harus banyak berhitung dengan rumus-rumus tersebut.

3. Kimia

Kemudian ada mata pelajaran Kimia yang juga ada di jurusan IPA. Ini merupakan mata pelajaran yang mendalami tentang struktur, sifat, maupun susunan sebuah materi di alam. Tidak banyak rumus yang harus dikuasai di dalamnya namun Kamu harus mengenali banyak sekali unsur alam. Beberapa topik juga akan membawamu pada materi berhitung.

4. Biologi

Mata pelajaran IPA di SMA berikutnya adalah Biologi. Mata pelajaran ini mempelajari tentang kondisi alam dan kehidupan organisme yang ada di dalamnya. Tidak hanya mempelajari manusia, hewan dan tumbuhan tapi juga menelusuri jauh sampai ke bagian selnya. Ilmu ini juga akan membawamu belajar tentang taksonomi, dan evolusi makhluk hidup di dunia ini.

5. Bahasa Inggris

Berikutnya ada pelajaran Bahasa Inggris yang pasti akan dipelajari oleh para siswa jurusan IPA. Sebenarnya ilmu ini juga akan diberikan ke siswa di jurusan IPS. Tujuannya tentu saja untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris yang baik bagi para siswa. Di mata pelajaran ini Kamu harus mempelajari bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

6. Bahasa Indonesia

Selain belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk berkomunikasi secara internasional, ada juga pelajaran bahasa Indonesia. Pelajaran ini diberikan kepada siswa di jurusan IPA untuk membentuk siswa yang cinta pada bahasa negaranya sendiri. Tidak mudah, Kamu harus mempelajari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan.

Beragam mata pelajaran IPA di SMA ini memang menarik untuk didalami. Jika Kamu ingin masuk ke jurusan IPA, maka pastikan Kamu sudah mengenali apa saja bidang ilmu yang akan dipelajari. Jadi, Kamu bisa mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapinya.