Alasan Memilih Sekolah Negeri

Image: canva.com

Lanjut Sekolah? Coba Pahami 10 Alasan Memilih Sekolah Negeri

Sekolah negeri menjadi salah satu fasilitas pendidikan yang memiliki popularitas baik di kalangan masyarakat. Biasanya sekolah negeri selalu menjadi prioritas dan dijadikan sebagai favorit banyak orang. Berikut adalah alasan memilih sekolah negeri yang biasanya membuat orang-orang merasa semakin yakin:

1. Biaya Sekolah Lebih Hemat

Alasan pertama yang membuat banyak orang lebih memilih bersekolah di sekolah negeri adalah karena biayanya jauh lebih hemat. Perhitungan biayanya jauh lebih terjangkau karena sekolah negeri sudah ditunjang oleh pemerintah.

2. Tidak Ada Biaya Tambahan

Di sekolah negeri, Kamu tidak akan diminta membayar biaya tambahan apapun. Paling hanya beberapa untuk kegiatan ekstrakurikuler. Lain dengan sekolah swasta yang biasanya meminta banyak biaya tambahan.

Baca Juga:  Kamu Bingung Mau Pilih SMA Atau SMK? Ini 10 Pertimbangannya

3. Standar Kurikulum Nasional

Sekolah negeri menggunakan kurikulum standar nasional dalam proses pembelajarannya. Kurikulumnya sesuai ketetapan dari Kemendikbud sehingga sama rata untuk semua sekolah di berbagai wilayah.

4. Kualitas Pendidikannya Bagus

Pada dasarnya sekolah negeri menerapkan sistem pendidikan yang sangat baik. Kurikulumnya sudah berstandar nasional dan tenaga pengajar yang terlibat juga memiliki kompetensi yang bisa diandalkan.

5. Fasilitas Sekolah Memadai

Mungkin jika dibandingkan sekolah swasta, fasilitas sekolah negeri masih ada kurangnya. Namun sebenarnya sekolah negeri sudah punya fasilitas yang memadai. Sangat efektif dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar siswa.

6. Lingkup Pertemanannya Beragam

Lain dengan sekolah swasta, di sekolah negeri siswa bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai latar belakang. Lingkup pertemanannya sangat luas dan beragam. Hal ini akan membantu siswa menjadi pribadi yang lebih mudah bergaul ke depannya.

Baca Juga:  Keunggulan Atau Kelebihan SMA Dibandingkan Sekolah Kejuruan

7. Kebanggaan Tersendiri

Masuk dan bersekolah di sekolah negeri bisa memberikan kebanggaan tersendiri. Sekolah negeri umumnya memberlakukan sistem seleksi yang cukup ketat. Tidak semua orang bisa masuk ke sana karena harus melewati tahapan seleksi yang tidak mudah.

8. Banyak Waktu Beraktivitas di Luar

Sekolah swasta umumnya memberlakukan jam belajar yang cukup panjang. Siswa biasanya akan diarahkan untuk lebih banyak belajar di sekolah. Lain halnya dengan sekolah negeri yang bisa lebih banyak punya waktu belajar di luar, bahkan menekuni hobi.

9. Bisa Memahami Perbedaan

Alasan memilih sekolah negeri berikutnya adalah membuat Kamu bisa lebih mudah memahami perbedaan. Kamu akan dihadapkan pada teman-teman dari berbagai wilayah dan latar belakang agama. Jadi toleransinya akan lebih tinggi daripada sekolah swasta.

Baca Juga:  Sebelum Pilih SMA, Ketahui Dulu 10 Kekurangan SMA Berikut Ini

10. Kesempatan Besar Masuk PTN

Sebenarnya semua siswa punya peluang sama masuk PTN. Tapi jika Kamu bersekolah di sekolah negeri maka kesempatan tersebut bisa jadi lebih besar.

Itulah tadi alasan memilih sekolah negeri yang mungkin juga bisa Kamu jadikan pandangan. Saat ini sekolah negeri dipandang sebelah mata karena biayanya ditanggung pemerintah. Padahal kualitas pendidikannya pun sama dan hasil belajar sangat dipengaruhi siswanya sendiri.