Prospek Kerja Agroteknologi

Image: canva.com

10 Pertimbangan Prospek Kerja Agroteknologi Pasca Kuliah Nih

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh di semua sektor untuk perubahan yang lebih baik. Salah satu sektor yang terus berkembang pesat dengan adanya teknologi adalah pertanian. Agar Kamu bisa meningkatkan potensi agraris di Indonesia, sebaiknya Kamu memilih jurusan kuliah Agroteknologi. Prospek kerja Agroteknologi sangat luas mencakup pertanian, hortikultura dan budidaya perairan di Indonesia yang potensial. Bila Kamu masih ragu dengan prospek kerja Agroteknologi, pertimbangkan ulasan singkat berikut :

1. Peneliti pertanian

Kamu bisa memilih karir sebagai peneliti pertanian yang meneliti dan mengembangkan produk pertanian di Indonesia.

2. Konsultan pertanian

Prospek karir lulusan Agroteknologi bisa menjadi konsultan pertanian baik independen, perusahaan pertanian dan perkebunan swasta atau konsultan di BUMN.

Baca Juga:  Masih Ada Keraguan? Berikut Pilihan Prospek Kerja Teknik Industri

3. Penyuluh pertanian

Menjadi penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian atau perusahaan pertanian swasta yang mengembangkan produk pertanian dan hortikultura di daerah binaan, kenapa tidak?

4. Manajer di perusahaan pangan

Lulusan Agroteknologi bisa bekerja sebagai manajer di perusahaan pangan yang memantau proses produksi pertanian hingga menjadi bahan pangan. Bisa pula menjadi staf bagian pemasaran dan penjualan produk pangan berkualitas pada masyarakat.

5. Karyawan industri pertanian dan perkebunan

Sektor pertanian, perkebunan dan budidaya perairan membutuhkan lulusan S1 Agroteknologi yang memiliki keterampilan dan pengetahuan teknis seputar perencanaan hingga pengolahan produk pertanian tersebut. Rata-rata gaji ahli agroteknologi yang bekerja di perusahaan di bidang pertanian dan perkebunan untuk kategori pemula mencapai angka 5-7 juta rupiah per bulan.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Akuntansi Dan Perkiraan Gajinya

6. Pegawai di kantor pertanian

Kamu bisa menjadi pegawai pemerintah di Dinas Pertanian dengan status PNS yang mendapatkan gaji pokok, tunjangan dan insentif setiap bulan.

7. Dosen agroteknologi

Bila Kamu lebih tertarik mengembangkan keterampilan akademik, tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Syarat menjadi dosen harus memenuhi kualifikasi minimal mendapat gelar magister sehingga Kamu bisa melanjutkan pendidikan setelah S1 Agroteknologi. Peluang gaji dan tunjangan menarik menunggu Kamu yang lulus seleksi sebagai dosen muda di Indonesia.

8. Wirausaha

Dengan bekal keterampilan dan pengetahuan teknis di bidangnya, Kamu bisa mengembangkan karir dengan berwirausaha baik sektor pertanian, perkebunan atau budidaya perairan. Menghasilkan omset tinggi tidak hanya mimpi selain Kamu bisa memberikan kontribusi lapangan kerja bagi orang di sekitar tempat usaha.

Baca Juga:  Jangan Salah Langkah, Ini 10 Syarat Masuk Teknik Informatika

9. Perbankan

Lulusan Agroteknologi bisa menjadi staf perbankan bagian pengecekan pengajuan kredit dari pelaku usaha di bidang pertanian dan perkebunan.

10. Penulis dan jurnalis

Peluang karir lain untuk lulusan Agroteknologi adalah menjadi penulis atau jurnalis pertanian. Kamu bisa memiliki pekerjaan ganda selama bisa melakukannya dengan profesional.

Prospek kerja Agroteknologi terbuka lebar di wilayah Indonesia yang memiliki sektor pertanian, perkebunan dan budidaya perairan baik tawar serta payau yang potensial. Menjadi pebisnis di sektor yang memiliki peluang penghasilan terbesar di Indonesia, kenapa tidak? Pastikan Kamu mengambil kesempatan kuliah S1 Agroteknologi di kampus negeri atau swasta terbaik, ya!