Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

Image: canva.com

Pingin SMK? Ini Dia Beberapa Syarat Masuk Jurusan Pariwisata

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan dengan keindahan alam yang mempesona. Hal ini menjadi daya tarik yang menawan bagi turis lokal dan mancanegara untuk liburan di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya keindahan alam saja, potensi wisata budaya, sejarah, dan kearifan lokal membuat orang-orang tidak bosan menikmati liburan di Indonesia. Penuhi syarat masuk jurusan Pariwisata agar Kamu bisa menjadi pekerja atau pelaku usaha pariwisata yang sukses kelak.

1. Lulus SMA/SMK diutamakan jurusan IPS

Jurusan Pariwisata jenjang S1 ada di rumpun SOSHUM sehingga lulusan SMA jurusan IPS atau SMK Pariwisata, tetapi lulusan SMA IPA juga diperbolehkan asal lolos seleksi masuk PTN atau PTS.

2. Lolos seleksi masuk prestasi, reguler atau mandiri

Kamu wajib lolos seleksi penerimaan dari persaingan yang ketat di PTN lewat jalur prestasi atau reguler. Bisa juga memilih Jurusan Pariwisata di PTS lewat jalur yang sama atau memilih opsi mandiri.

3. Memenuhi kriteria persyaratan yang lain

Kriteria persyaratan yang dimaksud bisa berbeda sesuai kebijakan di kampus, misalnya persyaratan penampilan menarik untuk calon mahasiswa atau mahasiswi pariwisata.

4. Memiliki wawasan potensi pariwisata di Indonesia atau dunia

Meski bukan syarat utama, tetapi Kamu yang punya wawasan potensi pariwisata di dunia atau dunia lebih unggul dibandingkan calon mahasiswa atau mahasiswi lain. Setidaknya Kamu punya modal lebih baik sebelum masuk dan belajar tentang Jurusan Pariwisata ini.

5. Punya ketertarikan pada pariwisata

Baca Juga:  Biar Makin Yakin, Berikut Pilihan Prospek Kerja Teknologi Informasi

Syarat masuk jurusan Pariwisata selanjutnya adalah harus punya ketertarikan pada pariwisata itu sendiri. Kamu mencintai lingkungan, suka pada pengelolaan pariwisata, pelayanan pada pelanggan, dan hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata.

6. Suka traveling atau petualangan

Tidak hanya bisa bekerja di Indonesia saja, Kamu bisa menjadi seorang agen travel atau tour guide yang berpetualang atau traveling keliling dunia, lho!

7. Supel dan pandai berkomunikasi

Agar Kamu bisa menjadi calon tenaga kerja profesional atau pelaku usaha pariwisata yang sukses, maka pastikan punya kriteria supel dan pandai berkomunikasi dengan orang lain. Di dunia pariwisata, Kamu akan bertemu orang-orang baru, bekerja sama dengan tim atau meng-handle klien.

8. Menguasai bahasa asing

Kamu akan belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris wajib dikuasai dengan baik agar bisa mengikuti pendidikan Pariwisata lebih optimal.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Prospek Kerja Agroteknologi Pasca Kuliah Nih

9. Memiliki ide yang kreatif dan inovatif

Syarat anak Pariwisata wajib berpikir out of the box alias Kamu selalu punya ide-ide segar yang kreatif dan inovatif sebab perkembangan pariwisata yang terus bergerak dinamis.

10. Memiliki dana studi yang memadai

Tentu persyaratan utama yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah kemampuan finansial orangtua yang memadai. Agar Kamu bisa tetap mengikuti pendidikan tanpa terkendala biaya, pastikan Kamu lolos program beasiswa pendidikan dengan potensi akademik yang memadai.

Kini Kamu tahu syarat masuk Jurusan Pariwisata dan siap untuk mengikuti pendidikan S1 Pariwisata selama 8 semester baik di PTN atau PTS pilihan.