Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Agar Yakin

Mungkin Kamu bingung mau mengambil jurusan kuliah di Fakultas Ekonomi sebab ada banyak pilihan jurusan dengan prospek menarik. Ekonomi Pembangunan akan mengajak Kamu belajar mengenai perkembangan pembangunan sektor perekonomian di Indonesia lebih kritis. Ya, Kamu bisa mempertimbangkan sepuluh alasan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan sebagai pilihan kuliah jenjang S1 selain Akuntansi dan Manajemen berikut.

1. Kamu lulusan SMA IPS yang tertarik ekonomi

Rumpun SOSHUM menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu lulusan SMA IPS yang tertarik mempelajari ekonomi pembangunan lebih lanjut.

2. Passing grade lebih rendah

Ekonomi Pembangunan memiliki passing grade lebih rendah dibandingkan dengan Akuntansi dan Manajemen di fakultas yang sama. Meskipun demikian, peminat Ekonomi Pembangunan cukup bagus sehingga bisa mendorong Kamu untuk lebih giat belajar.

Baca Juga:  Lulus Nanti Jadi Apa? Coba Lihat Prospek Kerja Pariwisata Berikut Ini!

3. Jurusan ada di PTN dan PTS seluruh Indonesia

Ekonomi Pembangunan bisa Kamu pilih sebagai prodi pilihan di PTN atau PTS yang ada di seluruh Indonesia sesuai dengan kondisi masing-masing saja.

4. Bisa memecahkan persoalan pembangunan di segala sektor ekonomi

Ekonomi Pembangunan menganalisa dan mencari solusi permasalahan pembangunan di berbagai sektor baik bisnis, keuangan dan perbankan.

5. Punya pengetahuan dan keahlian yang cocok

Alasan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan selanjutnya adalah Kamu punya pengetahuan dan keahlian yang cocok seperti kemampuan analisis, kemampuan logika dan matematika dasar, kemahiran berkomunikasi, bisa berpikir logis dan berstruktur, teliti, dan lain-lain.

6. Bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif

Baca Juga:  10 Mata Kuliah Yang Dipelajari Dalam Ilmu Administrasi Negara

Hal ini dikarenakan Kamu akan belajar mengkaji berbagai permasalahan pembangunan segala sektor sehingga bisa mencari ide atau inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

7. Kesempatan praktikum dan magang

Kamu punya peluang melakukan praktikum dan magang secara langsung untuk bisa mengimplementasikan ilmu di segala sektor perekonomian di Indonesia.

8. Prospek karir

Setelah lulus kuliah, Kamu bisa mempertimbangkan prospek karir yang cerah dengan gelar S.E ini. Kamu bisa bekerja di lembaga pemerintah, swasta, menjadi tren analis, sistem analis, tim research and development, dan masih banyak peluang menarik lainnya.

9. Gaji menarik

Kamu yang mengambil Ekonomi Pembangunan punya peluang memiliki profesi menarik dengan gaji di atas UMR, lho!

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Akuntansi Dan Perkiraan Gajinya

10. Bisa memilih menjadi wirausaha

Kamu menguasai mata kuliah di bidang Ekonomi Pembangunan yang relevan dengan perkembangan pembangunan sektor perekonomian baik bisnis, keuangan dan perbankan sehingga bisa mencoba peluang menjadi wirausaha yang cerdas.

Alasan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan di atas bisa menjadi pilihan Kamu yang mau fokus di bidang pembangunan sektor ekonomi. Tidak menutup kemungkinan Kamu bisa menjadi pengusaha atau profesi di bidang ekonomi yang memberikan sumbangsih kemajuan sektor perekonomian di negeri tercinta. Biaya kuliah Ekonomi Pembangunan yang relatif terjangkau dibandingkan jurusan SAINTEK atau jurusan lain juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri, ya!