Perbedaan Jurusan Akuntansi Dan Manajemen

Image: canva.com

Biar Paham, Ini Perbedaan Jurusan Akuntansi Dan Manajemen

Akuntansi dan Manajemen memegang jurusan paling favorit di rumpun SOSHUM baik PTN atau PTS di Indonesia. Kamu yang tertarik pada dunia ekonomi dan bisnis, maka bisa mencoba masuk salah satu jurusan ini. Bila Kamu masih bingung terkait perbedaan jurusan Akuntansi dan Manajemen, sebaiknya baca ulasan singkat di bawah ini.

5 Hal Tentang Jurusan Akuntansi yang Perlu Kamu Ketahui

Jurusan Akuntansi bisa Kamu pilih sebagai prodi pertama pada daftar pilihan jurusan saat penerimaan mahasiswa baru. Berikut beberapa hal tentang jurusan Akuntansi yang perlu Kamu ketahui yaitu:

1. Pengertian

Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses pencatatan, penggolongan, meringkas, dan menyajikan laporan keuangan perusahaan atau organisasi dalam satu periode tertentu.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Komunikasi Penyiaran Islam Dan Perkiraan Gajinya

2. Kemampuan yang diutamakan

Tentu Kamu harus memiliki karakter yang teliti, rapi, menyukai dunia hitung menghitung, dan mampu mengkomunikasikan hasil pencatatan keuangan pada pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Gelar

Lulusan S1 Akuntansi akan mendapatkan gelar Sarjana Akuntansi atau S.Ak, sedangkan lulusan D3 akan mendapatkan gelar A.Md.Ak, ya!

4. Bidang yang dipelajari

Kuliah Akuntansi memberikan pilihan untuk Kamu mengambil minat konsentrasi yang relevan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pemerintah, Akuntansi Anggaran, Akuntansi Biaya, Akuntansi Perpajakan, dan lain-lain.

5. Profesi yang digeluti

Lulusan Akuntansi bisa bekerja sebagai akuntan, auditor, staf keuangan dan perpajakan, konsultan keuangan, perencanaan anggaran, dan lain-lain.

Baca Juga:  Belum Yakin Jadi Bidang? Ini Alasan Memilih Jurusan Kebidanan

5 Hal Tentang Jurusan Manajemen yang Perlu Kamu Ketahui

Agar Kamu tahu perbedaan jurusan Akuntansi dan Manajemen, berikut beberapa hal seputar jurusan Manajemen yaitu :

1. Pengertian

Jurusan Manajemen adalah jurusan yang mempelajari tentang tanggung jawab mengelola sebuah perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan bisnis.

2. Kemampuan yang wajib dimiliki

Kamu wajib memiliki kemampuan mengatur orang lain atau lebih banyak manusia, komunikasi dan sosialisasi yang bagus, analisa, jiwa kepemimpinan, dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

3. Gelar

Lulusan S1 Manajemen akan mendapatkan gelar S.M di belakang nama, sedangkan lulusan diploma mendapatkan gelar A.Md.M.

4. Bidang yang dipelajari

Kamu akan lebih fokus pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, dan Manajemen Bisnis. Masing-masing kelompok peminatan memiliki mata kuliah yang spesifik sehingga berdampak pada profesi yang akan Kamu geluti kelak.

Baca Juga:  10 Pilihan Prospek Kerja Radiologi Yang Bisa Kamu Pilih

5. Profesi yang digeluti

Kamu bisa menjadi manajer keuangan, manajer pemasaran, konsultan keuangan, konsultan perbankan, staf HRD, marketer, dan lain-lain.

Perbedaan jurusan Akuntansi dan Manajemen di atas bisa menjadi referensi untuk Kamu yang bingung mau kuliah jurusan yang sama-sama berada di Fakultas Ekonomi ini. Sama-sama memiliki passing grade yang tinggi, maka pastikan Kamu memang memiliki keterampilan dan minat yang tidak kalah tinggi di bidang Akuntansi atau Manajemen, ya!